Pessel Kembangkan Empat Destinasi Wisata Unggulan 2018

Share :

Painan - Kabupaten Pessel, Sumbar fokuskan kembangankan empat destinasi wisata unggulan pada tahun 2018.

Wendra Rofikto, Kepala Bidang Pariwisata, mengatakan pengembangan tersebut dilakukan bertujuannya agar meningkat jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara, serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata, Selasa (19/12/17).

Pengembangan keempat destinasi unggulan merupakan Kawasan Utama Pengembangan Kepariwisataan (KUPK) yaitu Kawasan Pantai Carocok Painan, Kawasan Mandeh, Pasir Putih Kambang dan kawasan Rumah Gadang Mande Rubiah.

"Dalam implementasi yang baru dikembangkan adalah kawasan Pantai Carocok Painan dan Mandeh, dan pada tahun berikutnya kawasan lainnya berupaya untuk dikembangkan," ujarnya.

Dalam pengembangan pariwisata, upaya yang dilakukan adalah perbaikan infrastruktur di lokasi destinasi wisata, menciptakan lingkungan yang ramah terhadap wisatawan dan penataan lainnya.

Hal tersebut bertujuan agar wisatawan yang berkunjung dapat merasakan kenyamanan ketika berada di lokasi objek wisata, sehingga ada keinginan untuk berkunjung lagi pada waktu berikutnya, ujarnya.

"Serta menggencarkan promosi agar para wisatawan tertarik untuk berkunjung," tambahnya.

Terkait kunjungan wisatawan, dia menyebutkan Rancangan Pembangunan Jangka Mengah Daerah (RPJMD) 2017-2021 ditargetkan 2 juta kunjungan wisatawan.

"Sedangkan, hingga saat ini diperkirakan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu telah mencapai 1,5 juta," katanya.
Oleh karena itu, dia berharap kunjungan wisatawan semakin meningkat sehingga dapat berkontribusi terhadap PAD Pesisir Selatan. (*)


(Antarasumbar)