Padang Kuliner Run Jadi Ajang Promosi Masakan Minangkabau

Padang - Lomba lari bertajuk Padang Kuliner Run 2017 yang digelar Perseroan Terbatas Hotel Indonesia Natour (HIN) di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), dijadikan ajang mempromosikan masakan khas Minangkabau.

"Kami mengetahui daerah ini sangat indah, dan kaya akan masakan daerahnya. Sehingga digelar Padang Kuliner Run yang menggabungkan kegiatan olahraga dengan kuliner," kata Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour, Iswandi Said, di Padang, Minggu (24/9/17).

Melalui kegiatan ini, katanya, diharapkan beragam makan khas daerah yang ada bisa dipromosikan secara luas.

"Sebut saja randang yang dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia, orang hanya tahu randang dagingnya saja. Sedangkan ada juga yang namanya randang telur, namun belum banyak yang tahu," katanya.

Dia menyebutkan pada kegiatan itu disuguhkan sebanyak 42 jenis masakan kuliner yang beberapa di antaranya berasal dari Pariaman, Solok, dan Padang.

Selain masakan kuliner, kegiatan tersebut sekaligus juga dijadikan sebagai promosi destinasi wisata. Mengingat rute Padang Kuliner Run diambil melewati sejumlah objek wisata, salah satunya Pantai Padang.

Lomba lari itu diikuti oleh seribu lebih peserta yang berasal dari berbagai daerah selain Sumbar, serta sejumlah pelari dari luar negeri.

Salah satu yang menarik perhatian adalah ikut sertanya Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno, sebagai peserta lari di kategori 10 kilometer.

"Padang memiliki keindahan alam yang bagus dan potensi lain sebagai tujuan wisata, makanannya enak. Ini kali pertama saya sehabis lari disuguhi sate Padang," katanya.

Lomba tersebut diadakan tiga kategori yaitu jarak 2,5 kilometer, 5 kilometer, dan 10 kilometer, memperebutkan hadiah berupa uang tunai Rp35 juta, asuransi hingga Rp20 juta, tabungan, dan lainnya.

Garis start serta finish dilakukan di depan Hotel Grand Inna Padang, yang didirikan tenda-tenda penyedia makanan daerah yang bisa dinikmati peserta.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan Padang Kuliner Run tersebut.

"Ini merupakan gagasan dimana kegiatannya menggabungkan olahraga dan kuliner, dengan output kepariwisataan. Secara berkala kegiatan serupa bisa juga diadakan oleh provinsi, serta Kota Padang," katanya.

Padang Kuliner Run adalah kegiatan yang diselenggarakan Perseroan Terbatas Hotel Indonesia Natour (HIN) bekerja sama dengan Perseroan Terbatas Semen Padang, untuk memperingati Hari Pariwisata Dunia pada 24 September 2017. (*)