1.200 Peserta akan Ikuti Padang Kuliner Run

Padang - Perseroan Terbatas Hotel Indonesia Natour (HIN) bekerja sama dengan Perseroan Terbatas Semen Padang akan menggelar lomba lari bertajuk Padang Kuliner Run 2017 dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Dunia pada 24 September 2017.

"Ini merupakan event lari pertama di Padang yang akan diikuti sekitar 1.200 peserta dalam negeri dan beberapa pelari luar negeri," kata Direktur Utama PT HIN, Iswandi Said di Padang, Jumat (22/9/17).

Padang Kuliner Run 2017 merupakan perpaduan antara kegiatan lomba lari dengan wisata kuliner karena peserta akan disuguhkan beragam makanan khas Minang.

"Apalagi makanan Minang dikenal lezat dan diterima banyak lidah, diharapkan event ini bisa menggenjot sektor pariwisata juga," kata dia.

Event ini bertujuan memperkenalkan keindahan kota Padang karena rute yang diambil melewati sejumlah objek wisata seperti Pantai Padang dan memperkenalkan wisata kuliner.

Rencananya start dan finish mengambil tempat di depan Hotel Grand Inna Padang dan setelah selesai semua peserta akan disuguhi kuliner khas Sumbar.

Iswandi melihat saat ini lari sudah menjadi gaya hidup dan di Padang belum ada lomba lari sejenis.

Event ini mempertandingkan lari dengan jarak 2,5 kilometer, 5 kilometer dan 10 kilometer memperebutkan hadiah sebesar Rp35 juta, asuransi hingga Rp20 juta, tabungan, dan hadiah menarik lainnya.

"Kami masih membuka pendaftaran hingga Sabtu (23/9/17) pukul 16.00 WIB dan ada medali bagi 400 peserta yang finish lebih awal," ujarnya.

Untuk rute dimulai dari depan Hotel Grand Inna Padang menuju Pantai Padang, Pantai Muaro Lasak, Tugu Perdamaianm Museum Adityawarman, Kawasan Pondok dan kembali finis di Tugu Nol Kilometer.

Usai lomba peserta akan disuguhkan aneka ketupat, lontong gulai khas Padang, bubur kampiun, lemang tapai, rendang jengkol, teh telur dan lainnya, lanjut dia.

Sementara Kepala Biro Humas Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan dukungan pihaknya dalam event ini merupakan salah satu tanggung jawab dalam mengembangkan sektor pariwisata di Sumbar.

"Ini merupakan event lari pertama yang dipadukan dengan wisata kuliner, semoga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan," katanya.

Pada kegiatan tersebut, PT Semen Padang juga akan meluncurkan galeri pemasaran produk UKM yang selama ini dibina yang diberi nama Galeri Balanjo. (*)