Masyarakat Padang Ayo Sukseskan Kuliner Run

Padang - Wako Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah meminta masyarakat di daerah itu untuk menyukseskan kegiatan pariwisata yang diinisiasi oleh sejumlah BUMN, "Padang Kuliner Run" pada 24 September 2017.

"Kegiatan ini butuh dukungan karena akan membantu penguatan promosi wisata Padang," katanya di Padang, Kamis (20/9/17).

Beberapa hal untuk menyukseskan kegiatan ini antara lain melalui partisipasi, menjaga keamanan dan kebersihan serta melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah turut mempromosikan masakan khas Minang.

Untuk partisipasi selain ikut sebagai peserta ,masyarakat dapat berkunjung ke lokasi kegiatan untuk sekedar menonton dan menyemarakkan lomba.

Mengingat pesertanya terbatas, masyarakat masih bisa datang dan menyaksikan langsung di Pantai Padang sebagai pusat kegiatan.

Di samping itu karena kegiatan ini promosi kota tentu menjaga kebersihan seperti membuang sampah pada tempatnya perlu dilakukan secara disiplin.

Serta selalu menjaga suasana kondusif terlebih pada kegiatan itu akan dihadiri banyak wisatawan dari luar.

Hal lain, masyarakat memunculkan sikap sadar wisata seperti menjadi petunjuk jalan bagi wisatawan luar dan bersikap ramah tamah.

"Kesemua hal itu menjadi langkah dalam menyukseskan kegiatan yang diinisiasi oleh PT Hotel Indonesia Natour itu," sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang, Medi Iswandi mengatakan kegiatan Padang Kuliner Run ini berbentuk lomba lari dengan mengitari sejumlah objek wisata di Padang seperti pantai, Museum Adityawarman, tugu nol, jembatan Siti Nurbaya.

Kemudian usai berlari peserta akan disajikan berbagai masakan khas dari Minang khususnya Padang seperti lamang tapai, lontong gulai, dan bubur kampiun.

Pada pelaksanaannya akan diikuti 1.500 orang dan menurut rencana dibuka oleh Menteri BUMM Rini Soemarno.

Salah satu warga di Padang, Masna (46) menyambut baik adanya promosi wisata yang dibarengi dengan olahraga dan makan bersama.

Menurutnya selain promosi wisata juga pengenalan tradisi di Padang, bahwasanya setiap usai olahraga atau senam dilanjutkan dengan makan bersama.

Diharapkan kegiatan ini rutin dan intensitasnya bertambah. (*)