Pemko Padang Gelar Iven Padang KulineRun 2017

PADANG - Pemerintah Kota Padang diagendakan memiliki kegiatan menarik wisatawan melalui iven Padang Kulinerun yang memadukan olahraga lari, kuliner dan pariwisata yang akan dihadiri oleh 1500 peserta lari, para exhibitor kuliner dan pengunjung lokal 2017 pada 24 September 2017 mulai jam 05.30 sampai selesai.

Kegiatan ini rencananya akan dibuka oleh Menteri BUMN RI Rini Soemarno, bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Wali Kota (Wako) Padang, Mahyeldi Ansharullah.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk memperlihatkan keindahan Kota Padang, sebagai destinasi wisata. Jadi, para peserta nantinya akan diajak berlari sambil melintasi berbagai destinasi. Mulai adari kawasan pantai, yaitu Pantai Padang, Pantai Muaro Lasak, Pantai Tugu Perdamaian, Museum Adityawarman, kawasan Pondok dan Tugu Nol Kilometer Padang (depan hotel Grand Inna Padang).

"Tidak hanya melintasi pantai-pantai indah dan berbagai ikon di Kota Padang, para peserta nantinya juga diajak menikmati kuliner khas Padang yang begitu menggoda dan rasanya sudah mendunia," ujar Mahyeldi.

Dia juga sangat menyambut adanya kegiatan Padang Kulinerun 2017 ini. “Semoga melalui Padang KulineRun 2017 akan mengangkat budaya kuliner nusantara Kota Padang,” ujar Wako Padang.

Karena itu, lanjutnya, dia meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkup kerjanya untuk menyukseskan iven besar bagi Kota Padang itu. Terutama, seluruh elemen masyarakat juga diharapkan untuk ikut memeriahkan dan mengambil positif dari kegiatan ini.

Mahyeldi menambahkan, dia menginginkan panitia penyelenggara bisa menghadirkan acara yang yang memuaskan pengunjung nantinya. Karena akan ada banyak yang diadakan dalam kegiatan itu.

Padang Kulinerun 2017 merupakan kegiatan yang diinisiasi PT Hotel Indonesia Natour (HIN) melalui Hotel Grand Inna Padang dan PT Semen Padang yang juga disupport BUMN lainnya diantaranya PT. Pegadaian, Bank BTN, Garuda Indonesia, serta Pemprov Sumbar dan Pemko Padang.

"Ini juga bertujuan untuk menyambut Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) yang jatuh pada 26 September besok. Sebanyak 1.500 peserta diperkirakan ambil bagian di ajang yang akan mempertandingkan lomba dengan jarak 2,5Kilometer/5Kilometer dan 10Kilometer, serta Family Run dengan hadiah total Rp 35 juta dan berbagai hadiah menarik lainnya," kata Mahyeldi lagi.

Seusai lomba, para peserta akan dapat menikmati berbagai sajian kuliner khas Minang yang dihadirkan dari kalangan industri, UMKM dan tidak ketinggalan Hotel Grand Inna Padang. Sebagai lokasi penyelenggaraan, Hotel Grand Inna Padang menyiapkan berbagai sajian khusus. Mulai dari lontong gulai khas Padang, bubur kampiun, lamang tapai dan sebagainya. (*)