Padang Pariaman Rekomendasikan Tiga Destinasi Wisata Meriahkan HPN

Parit Malintang - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) merekomendasikan tiga destinasi wisata kepada Dinas Pariwisata provinsi itu guna memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2018.

"Setidaknya ada tiga objek wisata yang potensial untuk direkomendasikan," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padangpariaman, Jon Kenedi di Parit Malintang, Minggu (17/9/17).

Dia menyebutkan tiga objek wisata itu yaitu Pantai Tiram di Kecamatan Ulakan Tapakis, Lubuk Nyarai di Kecamatan Lubuk Alung, dan Puncak Anai di Kecamatan 2x11 Kayu Tanam.

Dia menjelaskan Pantai Tiram memiliki karateristik wisata bahari yang diiringi dengan kuliner khas Padangpariaman yaitu gulai kepala ikan.

Lalu, Lubuk Nyarai merupakan wisata pertualangan yang disukai oleh wisatawan minat khusus yang menyajikan keindahan air terjun serta lubuknya dikelilingi batu granit.

Sedangkan Puncak Anai merupakan objek wisata yang menyajikan pemandangan laut lepas dari ketinggian sekitar 650 meter di atas permukaan laut.

"Tiga destinasi wisata itu yang kita prioritaskan dulu," katanya.

Dia mengatakan jika sistem pembagian pembawaan peserta HPN merata maka pihaknya akan menyusun rencana agar sejumlah objek wisata potensial lainnya dapat dikunjungi.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumbar akan memaksimalkan potensi promosi pariwisata pada puncak pelaksanaan HPN 2018 yang dihelat di daerah itu pada 9 Februari 2018.

"Lebih 3.000 wartawan dari seluruh Indonesia akan menghadiri kegiatan ini," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian di Padang, Senin.

Dia mengatakan kegiatan besar tersebut harus dimanfaatkan untuk perkembangan dan promosi wisata di sejumlah kabupaten dan kota di provinsi itu.

Oleh karena itu, lanjutnya sejumlah destinasi wisata unggulan di beberapa kabupaten dan kota akan disiapkan guna menyambut peserta HPN 2018. (*)