A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Generasi Piknik Indonesia | Genpiknik.com - Indonesia Travel, Budaya, Kreatif

HPN 2018 di Sumbar Jadi Ajang Promosi Daerah

PADANG - Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian menyebutkan, momen Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang akan dilaksanakan di Sumbar sebagai ajang promosi wisata yang tengah menggeliat di daerah itu.

"Kami akan tonjolkan dari segi budayanya saat HPN berlangsung nanti," sebutnya, Senin (11/9/17) di Padang.

Menurut Oni, kesempatan itu bisa menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara, sebab menghadirkan ribuan wartawan dari berbagai provinsi di Indonesia. "Mereka pasti akan menulis tentang wisata Sumbar, sebab dalam rangkaian acara mereka juga kami ajak untuk melihat destinasi wisata yang ada," katanya.

Dia mengakui, saat ini perlu ada perbaikan di sektor pariwisata, terutama khusus fasilitas di objek wisata seperti kebersihan yakni tempat sampah dan toilet selain itu daftar harga juga harus dibenahi. "Walaupun tampak kecil namun hal itu selalu jadi sorotan disetiap destinasi," sebutnya.

Dari perencanaan lanjutnya, wartawan pada HPN nanti akan diajak keliling destinasi wisata yang sudah ada maupun destinasi baru. "Mereka akan diajak ke Pariaman, Padang Panjang, Payakumbuh, Bukittinggi, Tanah Datar, Sawahlunto Solok Selatan, Pessel, dan Daerah lain yang juga tengah mengeliat pariwisatanya" tutur Oni.

Sementara, Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Jasman Risal mengatakan, ditetapkannya Sumatera Barat sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018 dan telah dilakukan Peluncuran HPN Sumatera Barat 2018 di Jakarta sangat berdampak besar bagi pembangunan Sumbar kedepan.

Kata Jasman, sesuai dengan arahan gubernur, roh HPN 2018 ini adalah sektor pariwisata bagi provinsi. "Arahan pak Gubernur jelas, HPN ini akan dijadikan ajang promosi Sumbar tingkat dunia, makanya segala persiapan harus matang, apakah itu soal pariwisata maupun jalan," tuturnya.

Apalagi menurut Kabiro Humas, direncanakan Presiden Jokowi akan membuka langsung perhelatan itu.

Selain itu, lintas Kementerian juga akan datang ke Sumbar. "Demi kesiapan dana pra HPN kami siapkan kisaran Rp4 miliar. Secara keseluruhan dari estimasi kami memakan biaya sekitar Rp16 miliar," jelasnya.

Ditambahkannya, HPN 2018 ini akan dimulai pada pada tanggal 2 Februari 2018 dan puncaknya pada tanggal 9 Februari 2018. "Namun, setelah peluncuran tadi malam kegiatan pra HPN sudah dimulai," tutup Jasman.(*)