Tour de Singkarak Dipastikan Lewat Solok Selatan

Padang - Tour de Singkarak (TdS) dipastikan bisa melewati Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, setelah koordinasi intensif pemerintah setempat dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait perbaikan jalan yang rusak parah.

"Mentri PUPR Basoeki Hadimoeljono telah menjamin ruas jalan Solok-Solok Selatan yang rusak parah bisa diselesaikan sebelum TdS mulai," kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di Padang, Senin (4/9/17).

Menurut dia hal itu patut disyukuri karena sebelumnya kemungkinan daerah itu bisa ikut dalam pelaksanaan TdS sangat kecil. Meski telah mulai dikerjakan, tetapi kontrak kegiatan perbaikan jalan tersebut berakhir Desember, sementara TdS digelar 10-18 Oktober 2017.

Namun dengan jaminan Kementerian PUPR, kendala jalan bisa diatasi dan Solok Selatan bisa menjadi salah satu jalur yang dilewati ajang balap sepeda internasional tersebut.

Dia menambahkan sejak awal Pemprov Sumbar memang mengharapkan semua kabupaten dan kota di daerah itu bisa dilewati pebalap, karena selain memberikan jalur yang bervariasi, pariwisata daerah juga akan mendapatkan promosi melalui ekspose dari berbagai media dalam dan luar negeri.

"Solok Selatan merupakan salah satu daerah unggulan wisata Sumbar yang berpotensi untuk dikembangkan," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian mengatakan, Tour De Singkarak ( TdS ) di gelar pada 10 - 18 Oktober 2017. Start di Batu Sangkar, Kabupaten Tanah Datar dan finish di Kota Wisata Bukittinggi.

Tour de Singkarak ke-9 ini rencanannya akan menempuh sembilan rute masing-masing etape pertama, Tanah Datar menuju Kota Padang dengan panjang 107 kilometer, etape kedua Painan-Sawahlunto sepanjang 166 kilometer.

Etape ketiga Muaro Sijunjung¿Pulau Punjung 100 kilometer, etape keempat Danau Singkarak-Payakumbuh 135 kilometer, etape kelima Lembah Harau-Padang Panjang 101 kilometer.

Lalu etape keenam Kota Solok-Padang Aro Solok Selatan 140 kilometer, etape ketujuh Pariaman-Pasaman Barat 157 kilometer, etape kedelapan Padang Pariaman-Agam 101 kilometer dan etape kesembilan Pasaman-Bukittinggi Sirkuit 90 kilometer. (*)