Padang Panjang Juga Tertarik Jadi Lokasi Start TdS 2017

Padang Panjang - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), mengajukan agar daerah itu dijadikan sebagai salah satu lokasi start di ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2017.

Sekretaris Dinas Pariwisata setempat, Dalius di Padang Panjang, Rabu (30/8/17), mengatakan usulan tersebut telah diajukan dan pihaknya tengah menunggu konfirmasi dari Dinas Pariwisata Sumbar.

"Dalam TdS 2017, Padang Panjang direncanakan sebagai lokasi finis etape lima di gelaran kali ini. Namun kami ajukan agar dijadikan sebagai lokasi start", tambahnya.

Dia menilai bila Padang Panjang berperan sebagai lokasi finis tidak banyak memberi dampak bagi daerah itu karena peserta hanya akan singgah saja.

"Sementara bila jadi tempat mulai lomba, peserta sebelumnya akan menginap dulu di Padang Panjang ini akan mendukung peningkatan okupansi hotel-hotel yang ada," lanjutnya.

Di samping itu diyakini perekonomian masyarakat akan ikut bergerak. "Contohnya saat hotel akan menyiapkan beragam makanan untuk para tamu, pedagang atau supplier bahan makanan akan ikut merasakan dampaknya," ujarnya.

Dalius menyebutkan bila Padang Panjang disetujui sebagai lokasi start, maka akan dilaksanakan di ruas Jalan Sudirman atau objek wisata Mifan Water Park.

"Di TdS ini kami tidak mengajukan perubahan rute karena luas wilayah yang kecil maka jalan juga terbatas. Tiga ruas jalan utama yaitu Jalan Soekarno-Hatta, Jalan M Yamin, dan Jalan Sutan Syahrir," kata dia.

Pelaksanaan TdS 2017 direncanakan pada 18 hingga 26 November 2017 sebanyak sembilan etape dengan, dengan grand start dari Batusangkar Kabupaten Tanah Datar dan grand finish di Kota Bukittinggi.

Namun jumlah etape masih sangat bergantung pada kondisi kelaikan dan keamanan ruas jalan yang akan dilewati pebalap bergantung hasil survei yang dilakukan oleh panitia. (*)