Digital Tourism Makin Menggema di Kota Sawahlunto

Sawahlunto - Kementerian Pariwisata melaksanakan pelatihan kepada pengelola homestay dalam rangka Peningkatan Kapasitas Usaha Masyarakat Destinasi Pariwisata berbasis digital di Kota Sawahlunto. Pelatihan ini digelar sejalan dengan digital tourism yang diapungkan oleh Kementerian Pariwisata.

Pelatihan yang digelar pada tanggal 2-3 Agustus 2017 di Gedung Pusat Kebudayaan, dibuka oleh Walikota Sawahlunto yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Bapak Rovanly Abdams.  

Acara yang dihadiri oleh Kepala Sub Bidang Peningkatan Kapasitas Masyarakat Asdep Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenpar RI, Woro Mustiko ini mendapat apresiasi dan animo oleh 40 peserta yang berasal dari pengusaha homestay, pengelola desa wisata dan HPI.

Menghadirkan 4 orang narasumber yaitu Hj. Deviany, A.Ing, MM Kabid Destinasi Pariwisata Provinsi Sumbar, Efriyanto, S.Sos, MM Kepala Dinas Pariwata, Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto, Drs. Rovanly Abdams, M.Si Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, dan Dodi Johanjaya head Sales Indonesia Tourism Exchange dari Jakarta, acara ini diikuti penuh semangat dan antusias oleh semua peserta.

"Pelatihan ini adalah salah satu bukti keseriusan dan komitmen pemerintah pusat untuk memajukan pariwisata sawahlunto" ujar Woro dalam sambutannya.

Sedangkan dalam paparannya Bapak Sekretaris Daerah menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat strategis dan mumpuni,   karena pelatihan ini menitikberatkan pada pemasaran homestay berbasis IT yang dapat memudahkan kedua belah pihak baik pengusaha homestay begitu juga tamu yang ingin melakukan reservasi terutama proses booking dan paymentnya.