Agam akan Tampilkan Tari Piring Sambut Pebalap TdS

Lubukbasung - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, akan menampilkan kesenian tradisional tari piring di atas kaca ketika menyambut pebalap Tour de Singkarak (TdS) 2017 yang akan finish pada etape delapan di Ambun Tanai, Kecamatan Matur, Selasa (17/10).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat, Hadi Suryadi di Lubukbasung, Jumat, mengatakan, penampilan tari piring di atas kaca ini akan dimainkan oleh warga Ambun Tanai yang diharapkan dapat menghibur peserta.

Dia menjelaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemilik grup kesenian itu, dan anggota yang tergabung sudah berlatih agar bisa tampil baik nantinya.

Selain penampilan kesenian tari piring di atas kaca, kesenian lain yang akan dimainkan adalah tambua tansa serta kesenian tradisional lain yang dimiliki warga Ambun Tanai.

Penampilan ini sekaligus bertujuan untuk melestarikan kesenian tradisional, dan masyarakat bisa merasa terhibur dengan kegiatan TdS yang pebalapnya melintasi daerah mereka.

Dia menyebutkan akan terus menampilkan kesenian tradisional dalam setiap even besar yang digelar di daerah itu.

Pada TdS 2016 pihaknya juga menampilkan kesenian warga Puncak Lawang yakni saat penyerahan hadiah bagi para pemenang.

Pada TdS 2017 ini delapan dari 16 kecamatan di Agam akan dilalui pebalap pada 10 hingga 18 Oktober 2017.

Delapan kecamatan itu yakni Kecamatan Tanjungmutiara, Lubukbasung, Tanjungraya, Ampeknagari, Palembayan, Palupuh, Tilatangkamang dan Baso.

"Ke delapan kecamatan yang akan dilalui pebalap itu sudah disahkan panitia pusat, dan kondisi ruas jalan yang akan dilalui juga sudah dalam keadaan baik, karena sudah diperbaiki jelang Idul Fitri 1438 Hijriyah," tambahnya.

Ke delapan kecamatan itu masuk pada etape lima, etape tujuh, etape delapan dan etape sembilan.

Etape lima dari Lembah Arau Kabupaten Limapuluh Kota menuju Padang Panjang melalui Kecamatan Baso pada Sabtu (14/10).

Sedangkan etape tujuh dari Kota Pariaman menuju Pasaman Barat melalui Kecamatan Tanjungmutiara, Ampeknagari dan Palembayan pada Senin (16/10).

Lalu etape delapan dari Padang Pariaman menuju Agam melalui Tanjungmutiara, Lubukbasung dan Tanjungraya pada Selasa (17/10).

Sedangkan etape sembilan dari Pasaman menuju Bukittinggi melalui Kecamatan Palupuh dan Tilatangkamang pada Rabu (18/10).

"Pada etape delapan, Agam merupakan lokasi finish dengan lokasi puncak Kelok 44 dan hadiah diserahkan di Ambun Pagi," katanya. (*)