Padang Lirik Potensi Wisatawan Timur Tengah

PADANG - Wali kota Padang H Mahyeldi mengungkapkan Sumbar meraih tiga penghargaan yakni best destination, best kuliner dan best operator, Hal ini adalah modal bagi Sumbar terutama , Padang sebagai etalase Sumbar.

Lanjutnya, Apalagi Sumbar kedatangan 500 orang ulama yang mengikuti pertemuan Dai Asia Tenggara, Afrika dan Eropa. Ini adalah modal bagi Padang untuk memperkenalkan kearifan lokalnya dan pariwisatanya.

"Wisatawan dari Timur Tengah merupakan potensi yang harus kita manfaatkan," ungkap Mahyeldi.

Diceritakan Mahyeldi, saat ini wisatawan Timur Tengah banyak berdatangan ke Malaysia. Hampir setiap bulan berkunjung ke Malaysia bagian barat.

"Memanfaatkan potensi itu, kita akan ambil paket wisata dari Arab Saudi ke Indonesia, terus ke Malaysia," tukas Walikota Padang.

Warga Timur Tengah kerap berkunjung ke negara lain. Terutama pada saat musim haji tiba. Sebab, cukup banyak rumah warga Timur Tengah yang dikontrakkan pada saat musim haji. Sehingga dalam sebulan itu mereka lebih memilih pergi ke luar negeri.

Selain merancang rencana tersebut, Mahyeldi menekankan perlunya kesiapan Padang dalam menyambut tamu dari Timur Tengah itu. OPD Pemko Padang yang terkait, mesti fokus membenahi pariwisata sehingga layak untuk dikunjungi oleh wisatawan dari negara tersebut.

"Harus fokus dengan pariwisata kita supaya ada yang dijual nantinya," beber Walikota Padang.

Salah satu upaya itu, Walikota Padang mengimbau kepada pemilik restoran maupun rumah makan yang ada di Padang untuk menyediakan juga masakan khas Timur Tengah. Untuk memasak masakan itu tidak rumit. Apalagi, saat ini cukup banyak restoran yang menyediakan menu masakan Timur Tengah, seperti di restoran. (RI)