Delapan Kecamatan di Agam yang akan Dilintasi TdS 2017

Lubukbasung - Event balap sepeda Internasional Tour de Singkarak 2017 yang rencananya digelar September mendatang akan melintasi delapan dari 16 kecamatan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Hadi Suryadi di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan kesembilan kecamatan yang akan dilintasi TdS itu yakni Kecamatan Tanjungmutiara, Lubukbasung, Tanjungraya, Ampeknagari, Palembayan, Palupuh, Tilatangkamang dan Baso.

Dia mengatakan kedelapan kecamatan yang akan dilalui TdS itu sudah disahkan panitia pusat. Kedelapan kecamatan itu masuk pada etape lima, etape tujuh, etape delapan dan etape sembilan.

Etape lima dari Lembah Arau Kabupaten Limapuluh Kota menuju Padang Panjang melalui Kecamatan Baso pada Sabtu (14/10).

Sedangkan etape tujuh dari Kota Pariaman menuju Pasaman Barat melalui Kecamatan Tanjungmutiara, Ampeknagari dan Palembayan pada Senin (16/10).

Lalu etape delapan dari Padang Pariaman menuju Agam melalui Tanjungmutiara, Lubukbasung dan Tanjungraya pada Selasa (17/10).

Sedangkan etape sembilan dari Pasaman menuju Bukittinggi melalui Kecamatan Palupuh dan Tilatangkamang pada Rabu (18/10).

"Pada etape delapan, Agam merupakan lokasi finis dengan lokasi puncak Kelok 44. Saat finis nanti kita akan menampilkan kesenian tradisional untuk menghibur para peserta," katanya.

Dia menambahkan ruas jalan yang akan dilalui tersebut tidak ada kendala karena telah diperbaiki menjelang Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah.

TdS IX dimulai pada 10 sampai 18 Oktober 2017. Etape satu dari Kabupaten Tanah Datar menuju Padang, Selasa (10/10). Etape dua dari Pesisir Selatan menuju Sawahlunto, Rabu (11/10), etape tiga dari Sijunjung menuju Dharmasraya, Kamis (12/10).

Sementara etape empat dari Danau Singkarak Kabupaten Solok menuju Payakumbuh, Jumat (13/10), etape lima dari Lembah Arau Kabupaten Limapuluh Kota menuju Padang Panjang, Sabtu (14/10).

Sedangkan etape enam dari Kota Solok menuju Padang Arau Kabupaten Solok Selatan, Minggu (15/10), etape tujuh dari Kota Pariaman menuju Pasaman Barat, Senin (16/10), etape delapan dari Padang Pariaman menuju Agam, Selasa (17/10) dan etape sembilan dari Pasaman menuju Bukittinggi, Rabu (18/20). (*)