Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa di Payakumbuh

Payakumbuh - Gowes Pesona Nusantara adalah gerakan ” ayo olahraga” dengan bersepada. “Payakumbuh adalah salah satu dari 3 Kota di Sumatera Barat yang dipilih oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI di samping Sawahlunto dan Bukittinggi” ujar Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Dra. Efriza Zaharman di Ngalau Indah, (29/04/17)

Peserta GSN terbuka untuk semua kalangan tidak membedakan usia maupun identitas dan alamat dengan semua jenis sepeda.

“GSN di Kota Payakumbuh akan dilaksanakan tanggal 8 Juli 2017 lokasi star di Medan Nan Bapaneh Ngalau indah,  dimeriahkan pertunjukan musik dan kesenian tradisional,” ujar Elfriza yang juga akrab dipanggil Pak Cece ini.

Dispapora sendiri mentargetkan jumlah peserta, diperkirakan 3000 sampai 5000 orang dan semua peserta kata Cece akan mendapat baju kaos Gowes Pesona Nusantara dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, ujar Cece dengan semangat.

Sementara itu, Kabid Pemuda dan Olahraga, Doni Saputra, S.Sos menyampaikan bahwa selain dari GSN, juga akan diselenggarakan Gala Desa.

“Gala Desa adalah kegiatan pembudayaan olahraga bagi masyarakat dari pedesaan hingga perkotaan dengan upaya dorongan gemar berolaga secara teratur. Kegiatan ini memperhatikan unsur 5 M (murah,  meriah,  menarik,  massal dan manfaat),” terang Doni.

Pada tahun ini kata Doni Payakumbuh juga terpilih dari 136 Kabupaten/Kota yang ditentukan Kemenpora untuk melaksanakan kompetisi dengan pertandingan 6 cabang olahraga yakni sepakbola,  sepaktakraw,  bolavoli, bulutangkis,  tenis meja dan Atletik yang dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2017.

“Pertandingan ke 6 cabang olahraga ini diikuti seluruh Kelurahan di Kota Payakumbuh. Dan seluruh hadiah disediakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga,”ujar Doni.