Empat Perlombaan Tidak Diselenggarakan di Festival Langkisau 2017

Painan - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyebutkan ada empat perlombaan yang tidak diselenggarakan di Festival Langkisau 2017 agar tidak terkesan monoton.

"Lomba itu adalah berenang antar pulau, lomba memancing, selaju sampan, serta mengait mungkui(sejenis ikan air tawar, red) tidak ada dilombakan lagi selama berlangsungnya Festival Langkisau 2017," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pesisir Selatan, Wendi di Painan, Selasa (18/04/17).

Dia menambahkan pada pelaksanaan festival berikutnya juga begitu, kemungkinan beberapa perlomba pada festival kali ini juga tidak dilombakan.

Tokoh masyarakat setempat yang juga anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Syaiful Ardi mengatakan Festival Langkisau 2017 berbeda dengan tahun sebelumnya karena tidak terdapat perlombaan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

"Perlombaan tradisional dalam Festival Langkisau dari tahun ke tahun mulai menghilang, bahkan seperti terlupakan seperti lomba mengait mungkui," pungkasnya.

Walau demikian, menurutnya masih terdapat perlombaan tradisional yang masih dilombakan seperti festival budaya, mengulek cabai dan lainnya.

"Kedepan kami mendorong perlombaan yang menyangkut kebudayaan harus diperbanyak karena pariwisata tidak sebatas keindahan alam namun kebudayaan juga masuk didalamnya," ujarnya.

Festival Langkisau yang diselenggarakan untuk menyemarakkan hari jadi kabupaten ke-69, selain itu juga dijadikan sebagai magnet penarik wisatawan dan difokuskan di Pantai Carocok.

Selain memiliki lokasi luas, juga terdapat sebuah pentas dan lokasi parkir yang bisa menampung kendaraan dalam jumlah banyak. Dan di lokasi terdapat pemandangan pantai yang indah. (*)

(Antara Sumbar)