1.000 Perempuan Mengenakan Baju Kuruang Basiba di Festival Siti Nurbaya

PADANG - Rencananya, Padang akan menampilkan 1.000 baju kuruang basiba pada Festival Siti Nurbaya 2017 yang akan dilaksanakan di Pantai Padang 15 April 2017 mendatang. Ditargekan, kegiatan ini akan membuat Padang kembali memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).


"Ya, kita akan pecahkan rekor itu," ucap Asisten III Setdako Padang Corri Saidan saat rapat bersama tim persiapan pemecahan rekor tersebut di ruang kerjanya, Selasa (4/4/17).


Dalam memecahkan rekor itu, sebanyak 1.000 perempuan mengenakan berbaju kuruang basiba. Mereka akan tampil berparade pada 15 April 2017 nanti di Pantai Padang.


"Pemecahan rekor ini dilaksanakan dalam rangkaian acara Festival Siti Surabaya (FSN) 2017," ungkap Corri.


Dipilihnya lokasi Pantai Padang karena Pemko Padang sekaligus ingin memperkenalkan objek wisata andalan itu kepada khalayak. Nantinya, pada pemecahan rekor Muri itu, Pantai Padang akan "disulap" seperti era tempo doeloe.


"Nanti suasananya kita buat seperti tempo doeloe. Ada sepeda ontel, bendi, dan penganan khas tradisional," tutur Corri.


Menariknya, di antara 1000 perempuan berbaju kuruang basiba itu tampil istri Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang. Termasuk istri Forkopimda dan OPD Pemko Padang.


"Kegiatan pemecahan rekor dimulai pukul 14.00 di Pantai Padang," tukas Corri.


Seperti diketahui, baju kuruang basiba merupakan pakaian khas wanita Sumatera Barat sejak dulunya. Ditampilkannya pakaian baju kuruang basiba ini agar dapat terus lestari

dan dikenal luas oleh generasi muda saat ini.


"Kita ingin baju kuruang basiba tetap lestari meski perubahan zaman terus berputar," tutup Corri. [Hijrah Adi Sukrial]

(KLIKPOSITIF)