Festival Danau di Hari Jadi ke-104 Kabupaten Solok

SOLOK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempersiapkan berbagai iven guna memeriahkan hari bersejarah bagi masyarakat Kabupaten Solok tersebut.

Serangkaian kegiatan lomba juga sudah dirampungkan dengan melibatkan sejumlah stakeholder dan masyarakat. Rangkaian kegiatan yang digadang-gadang akan menjadi alek masyarakat Kabupaten Solok ini dibungkus dalam Festival 4 Danau (F4D).

Berkaca dari Hari Jadi Kabupaten Solok ke -03 yang begitu dingin dan tak dirasakan masyarakat, Bupati Solok, Gusmal meminta dinas terkait untuk betul-betul melibatkan seluruh komponen, baik dari pemerintahan hingga masyarakat bawah.

"Biasanya Hari Jadi Kabupaten Solok seolah hanya menjadi alek bagi para pejabat dan Pegawai Negeri Sipil saja. Masyarakat banyak yang tidak tahu, saya tidak ingin kesan yang muncul seperti itu," ungkap Gusmal, Senin 20 Maret 2017.

Gusmal juga meminta pemerintahan kecamatan untuk ikut aktif bersama masyarakat menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Solok melalui berbagai program kegiatan yang disusun mandiri oleh pemerintahan kecamatan.

"Saya ingin masyarakat turut aktif dilibatkan sehingga muncul rasa memiliki daerah di diri masyarakat tang berujung pada dukungan terhadap berbagai program," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Yandra menyebutkan, Festival 4 Danau juga merupakan iven pembuka jelang Festival 5 Danau yang akan digelar oleh pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang direncanakan digelar September 2017 mendatang.

"Iven dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Solok ini bernuansa budaya dan potensi lokal Kabupaten Solok, sehingga diharapkan betul-betul teringat di hati masyarakat," ungkap Yandra.

Berbagai kegiatan yang sudah diagendakan diantaranya, lomba cipta logo pariwisata, lomba cipta Mars Kabupaten Solok, jingle TdS, lomba kesenian anak Nagari, lomba lagu Minang, masakan khas Kabupaten Solok dan masih banyak lainnya yang dipusatkan di dermaga Danau Singkarak dan sejumlah tempat lainnya dari tanggal 25 hingga 31 Maret 2017.

Hari jadi kabupaten Solok sendiri jatuh setiap tanggal 9 April dan baru diperingati sejak tahun 2010 silam pasca dilahirkannya Perda terkait Hari Jadi Kabupaten Solok pada 2009 lalu.

(klikpositif)