Dispar Sumbar Gelar Workshop Penciptaan Karakter Lokal

PADANG - Pada bulan maret ini Dinas Pariwisata Sumbar mengadakan Workshop penciptaan karakter lokal selama 3 hari 16-18 Maret 2017, Workshop ini dibuka secara resmi oleh Kadis Pariwisata Sumbar yang diwakili Taufiq Ramadhan di Hotel Grand Zuri Padang.

Dalam Kegiatan workshop ini diikuti 50 orang yang berasal komunitas komik dan senirupa se-Sumbar. Narasumber Ben Rahardian Komikus asal Kota Jakarta.

Sekretaris Dinas Pariwisata Sumbar, Taufik Ramadhan mengatakan Keberadaan komik kerap menjadi kontroversi, karena komik asing membanjiri pasar Indonesia, bahkan komik bisa diakses melalui medsos.

"Kenapa orang kenal upin ipin, kita punya rendang makanan terenak tetapi komiknya tidak ada, ini wadah untuk melahirkan komikus handal yang menghasilkan komik minang yang berkarakter, "ujarnya

Dan juga Workshop ini diharapkan melahirkan jiwa entrepreneur dari para komikus, yang muara akhirnya pengembangan pariwisata halal dan nuansa Islami di Sumbar.

Kabid Ekonomi Kreatif Derlianti mengatakan Meski Disparekraf nomenklatur sudah berubah tetapi bidang ekonomi krearif tetap ada di Dinas Pariwisata Sumbar.

Lanjutnya, kegiatan workshop penciptaan karakter lokal ini merupakan kegiatan diawal tahun 2017.

"Saya harap para komikus bisa serius menyerap ilmu dari narasumber," ujarnya.

Meizal Desian Komunitas desain dan seni rupa UNP mengatakan terima kasih telah diundang oleh Dispar dalam workshop seni rupa, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pengembangan dunia komik dan senirupa di Sumbar. Dunia seni rupa dan komik sangat menjanjikan tetapi kurang sekali mendapat perhatian dari pemerintah.

 

(antarasumbar)