A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Generasi Piknik Indonesia | Genpiknik.com - Indonesia Travel, Budaya, Kreatif

Rapat persiapan pokja pariwisata sumbar

Pokja Pariwisata Sumbar Satukan Semua Elemen

Dinas Pariwisata Sumbar gelar rapat persiapan Pokja Pariwisata Sumatera Barat, Senin (27/2).
Kegiatan ini merupakan rapat ketiga, sejak dimulai rapat dengan Wakil Gubernur pada, November 2016 dan Bersama Gubernur dan Wagub melibatkan seluruh OPD di Pemprov Sumbar pada 13 Desember 2016 lalu.

Hadir seluruh elemen kepariwisataan (unsur Pentahelix), dalam rapat tersebut. Unsur pemerintah dihadiri Dinas Pariwisata, unsur industri hadir dari PHRI dan Asita Sumbar, dari  unsur komunitas hadir organisasi Paramotor, selam dan lainnya sedangkan dari unsur media hadir Kabiro Humas Pemprov Sumatera Barat ketua forum pariwisata pertama di Sumbar, media online dan dari Genpi Sumbar.

"Kita ada target kunjungan, Pokja ini diperlukan untuk memberikan masukan agar kita semua berperan membangun pariwisata Sumbar," kata Oni Yulfian, Kadis Pariwisata Sumatera Barat.

Sambutan positif juga disampaikan Ian Hanafiah, ketua Asita Sumbar, menurutnya bersatunya seluruh elemen pariwisata akan saling mendukung.

"Kami dari Asita Sumbar siap menyebarkan informasi, jika komunitas memiliki paket yang bisa dijual ke wisatawan. Paket / paket itu bisa diambil oleh anggota Asita dan digabungkan dengan paket yang telah ada," sebut pemilik Ero Tour yang meraih penghargaan sebagai tour operator terbaik dalam kompetisi wisata halal 2016.

Yurnaldi, dari unsur media mengharapkan keterbukaan informasi dan peran dalam kepariwisataan agar dilakukan terus menerus.

"Selama ini kesannya kurang terinformasikan, program dinas hanya dikerjakan oleh orang  dinas. Seharusnya diserahkan kepada yang ahli, seperti leaflet serahkan kepada yang ahli," sebut penulis buku dengan judul Menjadi Wartawan Hebat itu.

Hal yang sama disebutkan Tandri Eka Putra, pemimpin redaksi, padek.co. "Pokja ini telah cukup lama dibicarakan, kalau niatnya baik dan semua pihak setuju sebaiknya segera dibentuk saja. Kita bentuk bagaimana bentuk dan kerjanya," sebut mantan koordinar Komunitas Generasi Pesona (GenPi) Sumbar itu.

Sari Lenggogeni meminta agar bersatunya pentahelix ini harus diterminasikan kerjanya. "Misalnya kita targetkan berapa jumlah wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Ini kita pecahkan, bagaimana mencapai target. Ini kita pikirkan bersama," sebut lulusan doktor lulusan Australia ini.

Ketua Pusat studi pariwisata Universitas Andalas menyebutkan peran pentahelix adalah mendampingi pemerintah untuk mencapai target Sumatera Barat.

Selanjutnya Pokja akan dibentuk dan dipimpin Wakil Gubernur Sumatera Barat. Agar semua pihak bersatu membangun pariwisata Sumbar (*)