PHRI Bukittinggi Dukung Pariwisata Manfaatkan Kearifan Lokal

Bukittinggi - Untuk mdukung pariwisata disumaterat barat himpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, mendukung pariwisata di daerah itu dengan mengangkat kearifan lokal.

" Saalah Satu bentuk dukungan promosi pariwisata daerah melalui kegiatan memasak makanan lokal berbahan dasar ubi yang disajikan sebagai makanan ringan bagi tamu di hotel," kata Ketua PHRI Bukittinggi Vina Kumala di Bukittinggi, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan tersebut dijadikan sebagai salah satu acara yang dilakukan untuk memperingati ulang tahun ke-48 PHRI.

Sebagai upaya lain mendukung pariwisata Sumbar dan khususnya Bukittinggi, ia menyebutkan PHRI akan melakukan promosi pariwisata hingga ke luar provinsi.

"Dalam waktu dekat, direncanakan Maret 2017 PHRI Bukittinggi mengadakan PHRI Sales Missionke Provinsi Jambi. Kegiatan ini berupa promosi pariwisata Bukittinggi khusus ke hotel dan restoran," ujarnya.

Dalam upaya mendukung pariwisata, pihaknya menargetkan ke depan kerja sama yang lebih banyak dengan pemerintah setempat melalui organisasi perangkat daerah (OPD) yang terkait.

Sementara Wali Kota Bukittinggi, M Ramlan Nurmatias mengatakan dalam rangka ulang tahun PHRI mengharapkan kerja sama yang lebih erat antara pemkot dengan organisasi itu terutama untuk upaya promosi pariwisata daerah.

Ia mengatakan upaya pengembangan pariwisata daerah itu tidak dapat dilakukan secara instan, namun membutuhkan proses dan pembenahan di banyak bidang pendukung seperti infrastruktur dan keamanan serta promosi.

"Setelah sejumlah pembenahan yang dilakukan bertahap, kami berharap PHRI terus membantu mengenalkan pariwisata serta adat dan budaya daerah, karena pariwisata yang dikembangkan adalah pariwisata beradat dan berbudaya," katanya.


(antarasumbar)