Sumbar Berharap Penerbangan Langsung Singapura-Padang

Padang - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) masih berharap ada penerbangan langsung dari Singapura ke Padang untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di daerah itu, terutama setelah dinobatkan sebagai destinasi wisata halal dunia pada 2016.

"Kami sudah coba komunikasikan hal ini dengan sejumlah maskapai penerbangan seperti Garuda, Air Asia, CitiLink dan maskapai lain untuk membuka rute penerbangan ini. Namun belum terealisasi," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang, Kamis.

Ia menjelaskan dari sekian banyak maskapai, Air Asia sebenarnya menyatakan berminat, tetapi hingga saat ini mereka masih terkendala persoalan pengurusan izin.

"Kami berharap persoalan izin ini bisa selesai dan penerbangan langsung Singapura-Padang bisa terwujud," kata dia.

Selain dari Singapura, Irwan juga mengharapkan ada penerbangan langsung dari negara ASEAN lainnya, yang menjadi target pasar pariwisata Sumbar.

Upaya membuka penerbangan langsung Singapura-Padang sudah dilakukan Pemprov Sumbar sejak tiga tahun terakhir, tetapi selalu terganjal perizinan.

Transportasi udara dari Singapura dipandang penting karena menjadi bagian utama dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing, karena negara tersebut adalah salah satu tujuan wisata dunia.

Diharapkan setelah belanja di Singapura, sebagian wisatawan tersebut akan berkunjung ke Sumbar yang memiliki pesona alam dan wisata yang memukau.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dalam beberapa kesempatan menyatakan untuk "membujuk" wisatawan asing ke Sumbar pihaknya akan fokus untuk promosi pada 2017.