Bendungan di Taratak Pessel Ini Hadirkan Sejuta Panorama

Pessel - Keberadaan Bendungan Taratak di Kenagarian Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan-Sumbar memang baru dikenal masyarakat. Namun, bendungan ini mampu menghadirkan sejuta panorama yang menyatu dengan keasrian alamnya.

Bendungan tersebut dibangun sebagai sumber air saluran irigasi di Kenagarian Taratak. Tapi, karena pesona yang dimilikinya, bendungan ini tidak henti-henti dikunjungi sejumlah masyarakat, sejak selesai dibangun pada pertengahan 2016 lalu.

Berada di lokasi strategis di pincak bukit dan dikelilingi ladang masyarakat serta hamparan sawah yang terlihat menghijau. Lokasi bendungan ini berjarak sekitar 2 kilometer dengan 15 menit perjalanan dari jalan lintas Sumatera bagian Barat, tepatnya di Simpang Tiga Puskemas Pembatu Taratak.

Kapasitas bendungan ini sendiri memiliki daya tampung sekitar 45 ribu kubik air dan digunakan untuk mengairi lahan sawah masyarakat di tiga kenagarian sekaligus.

Seorang anggota LPMN (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari) Taratak, Dodianto (38) mengakui, sejak pembangunannya selesai, keberadaan bendungan ini tersebut langsung menjadi primadona masyarakat.

Dia menyebut, bendungan itu tanpa sengaja telah menghadirkan sejuta panorama, seperti airnya yang sejuk dan bening. "Saat ini, hampir setiap waktu dikunjungi, bahkan berbagai kalangan masyarakat mandi-mandi, berfoto-foto dan juga sekedari menikmati suasana alam," sebutnya.

Menurutnya, meski belum dikelola sebagai tempat wisata, jika terus terawat dan terjaga bangunannya, lokasi itu akan bisa dijadikan sebagai pusat agrowisata.

"Kami sangat berharap dengan bendungan ini tetap terus terjaga. Sehingga, keberadaannya sebagai sumber saluran pertanian tetap ada dan bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi," tutupnya.