Genpi Sumbar Siap Bekerja

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Sumatera Barat siap menyukseskan program pariwisata. Beberapa kegiatan telah disusun dan dikoordinasi dengan Dinas Pariwisata di Sumbar
"Dalam Mubes telah disusun, beberapa kegiatan dan kepengurusan baru untuk Genpi Sumbar," sebut Ariz Purnama, koordinator GenPi Sumbar tahun 2017 - 2019

Genpi adalah komunitas digital yang terdiri dari penggiat media online, blog dan media sosial yang peduli terhadap pariwisata. Genpi Sumbar dibentuk oleh Kemenpar pada 24 September 2016 lalu.
Selama tahun 2016, fokus pada sosialisasi kompetisi wisata halal nasional dan internasional. Dalam kompetisi ini, Sumatera Barat berhasil keluar sebagai destinasi, kuliner, rumah makan dan tour operator terbaik.

Selain itu, Genpi Sumbar juga telah ikut bersama elemen pentahelix (pemerintah, swasta, akademisi, media dan masyarakat) untuk pembentukan forum sumbar kreatif dan Pokja Pariwisata Sumatera Barat.
Secara garis besar Genpi Sumbar akan ikut bersama semua elemen untuk iktu merencanakan  sosialisasi wisata, Merancang dan menyebarkan desain sosialisasi online, Merancang dan menyebarkan pesan massal (broadcast) untuk sosialisasi wisata.

Genpi Sumbar juga akan Merancang dan menyebarkan berita tentang wisata, Melakukan kunjungan dan sosialisasi digital media ke destinasi di seluruh wilayah Sumatera Barat, Pelatihan bagi masyarakat dan komunitas dan admin digital, Koordinasi dengan pihak terkait pariwisata, Evaluasi rutin iven atau sosialisasi pariwisata, Melakukan pendataan dan telaah terhadap bentuk - bentuk sosialisasi dan Bersama pemerintah dan pihak terkait menggelar konsolidasi tentang pariwisata

Secara reguler Genpi Sumbar juga akan Ikut menyukseskan program Famtrip media dan media digital di Sumatera Barat yaitu bulan Maret, Mei, September. Lomba Blog dan medsos : tds. Hari bahari nusantara dan Isendetil.

Diskusi dwi bulanan : dua kali wisata bawah laut berupa fotografi bawah laut, konservasi bawah laut. Selain itu akan dihelat juga pelatihadigitalisasi pariwisata secara berkelanjutan.
"Kami juga telah menyusun AD ART Genpi Sumbar," tambah Ariz

Dalam aturan tersebut disebutkan semua pihak yang memiliki akun digital dan peduli terhadap pariwisata Sumatera Barat bisa bergabung. Caranya cukup hubungi koordinator di daerah masing -  masing.
Untuk informasi selanjutnya bisa dilihat di website www.sumbar.travel dan akun media sosial @genpisumbar pada facebook,twitter dan instagram. "Mari majukan wisata Sumatera Barat" tandas Ariz