Libur Natal, Pesisir Selatan Diperkirakan Dikunjungi 50 Ribu Wisatawan

Pessel - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, memperkirakan daerah berjulukan "Negeri Sejuta Pesona" itu akan dikunjungi 50 ribu wisatawan pada libur Natal dan pergantian tahun 2016.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Zefnihan di Painan, Selasa mengatakan perkiraan tersebut berdasarkan tren kunjungan wisatawan pada hari libur sebelumnya yang mencapai 40 ribu wisatawan per harinya.

Ia mengatakan perkiraan tersebut bukan tanpa alasan, karena sepanjang 2016 pihaknya terus melakukan pembenahan pada beberapa objek wisata yang menjadi magnet andalan diantaranya Pantai Carocok, Mandeh, Bayang Sani dan Jembatan Akar.

Namun pihaknya mengaku tidak menggelar kegiatan resmi pada dua hari libur tersebut dalam menggenjot kunjungan wisatawan karena takut terjadi polemik ditengah-tengah masyarakat.

"Kami hanya menyiapkan lokasi wisata sebaik mungkin serta bersama aparat penegak hukum memastikan keamanan terus terjaga," katanya.

Terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pesisir Selatan, Hazrial Amri mengatakan agar tidak terjadi gangguan lalu lintas pada dua hari libur tersebut, ia mengimbau warga tidak menggunakan badan jalan untuk kegiatan pesta dan lainnya.

"Kami mengimbau warga tidak menggunakan badan jalan, dengan begitu tentu arus lalu lintas tidak akan tersendat, selain itu penggunaan badan jalan juga bertentangan dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2006 tentang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum," kata dia.

Bagi warga membandel pihaknya tidak segan-segan menurunkan personel guna melakukan pembongkaran.

"Kami akan tinjau dan memberi arahan kalau tidak diindahkannya tentu langkah berikutnya adalah pembongkaran," ungkapnya.