Pariaman Bertekad Sebagai Pusat Wisata Bahari Sumbar

Pariaman - Wakil Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar mengatakan bertekad menjadikan seluruh kawasan pantai Pariaman sebagai pusat wisata bahari di provinsi itu.

"Kawasan pantai di Kota Pariaman memiliki panjang hingga 12 kilometer, keberadaan pulau-pulau kecil merupakan salah satu nilai jual pariwisata yang besar," katanya di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah daerah sudah mulai melakukan sejumlah pembangunan dan perbaikan infrastruktur di sekitar lokasi pantai, terutama di kawasan Pantai Gandoriah, Pantai Kata, dan Pantai Cermin.

Beberapa infrastruktur yang dilakukan seperti pembangunan Dermaga Muaro Pariaman yang sedang dikerjakan, pembangunan Jembatan Pauh, pembuatan Taman Anas Malik dan sejumlah pembangunan sarana prasarana lainnya.

Selain itu pada 2017 pemerintah daerah juga berencana membangun Masjid Terapung di sekitar kawasan Pantai Pauh Kecamatan Pariaman Tengah.

"Pemerintah daerah juga meyakini Kota Pariaman bisa menjadi pusat pariwisata Sumbar karena keberadaannya sangat strategis dengan berbagai potensi yang dimiliki," ujarnya.

Ia menyebutkan selain mengandalkan pantai, kawasan perbukitan di Kecamatan Pariaman Timur juga memiliki potensi pariwisata yang menjanjikan.

"Pemerintah sedang mengupayakan pembangunan taman air di Kecamatan Pariaman Timur, karena daerah tersebut memiliki sumber air yang mencukupi," ujarnya.

Selain keaktifan pemerintah daerah dalam membangun pariwisata, peran masyarakat setempat juga sangat diharapkan.

"Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam melakukan pembangunan, 92 ribu jumlah penduduk Kota Pariaman harus turut serta dalam membangun dan mengelola potensi pariwisata yang ada," harapnya.

Selain pemerintah dan masyarakat setempat, peran media sebut dia sangat berpengaruh besar dalam memajukan daerah terutama aspek pembangunan.