Forum Sumbar Kreatif Terbentuk, Sabtu Depan akan Dideklarasikan

Padang - Setelah dua kali pertemuan tatap muka dan ditambah diskusi yang cukup alot dan panjang, akhirnya sebuah forum insan kreatif Sumatera Barat terbentuk. Wadah berupa forum yang keberadaannya didukung penuh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Barat ini diberi nama Sumbar Kreatif, Forum Ekonomi Kreatif Sumatera Barat.

"Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Barat memfasilitasi beberapa pertemuan para pelaku ekonomi kreatif ini. Keberadaan forum ini independen, tidak berada di bawah dinas. Tapi kehadirannya sangat kami dukung," kata Aprimas, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan Iptek Dinas Parekraf Sumbar, kepada media, Rabu (23/11/2016) di kantornya.

Menurut Aprimas, yang juga seniman perupa ini, kehadiran Sumbar Kreatif tentu kelak menjadi mitra Dinas Parekraf Sumbar dalam beragam kegiatan. "Ada 16 sub sektor ekonomi kreatif dan semua ini bisa disinergikan dengan agenda kegiatan di Dinas Parekraf Sumbar."

Sementara itu, Deni Masriyaldi, dipercaya sebagai Ketua Sumbar Kreatif. Menurut Deni, struktur kepengurusan sudah terisi sekaligus dengan sub sektornya.

"Kita akan deklarasikan pada Sabtu, 26 November 2016 malam bersamaan dengan kegiatan pemberian anugerah AdSumbar Festival 2016 yang dilaksanakan P3I Sumatera Barat di Kyriad Bumiminang Hotel Padang," kata Deni Masriyaldi yang juga Ketua Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I Sumbar).

Dikatakan Deni, kehadiran Sumbar Kreatif bertujuan untuk menyatukan seluruh sumber daya dan potensi kreatif yang ada di Sumatera Barat. Selain itu, tentunya, bertujuan menciptakan kondisi yang lebih baik bagi pengembangan industri kreatif di daerah ini.

"Kehadiran Sumbar Kreatif dengan kemampuan dan kekuatan yang dimiliki akan mendorong upaya-upaya yang inovatif di pelbagai bidang ekonomi kreatif agar memiliki nilai tambah serta daya saing tingkat nasional dan internasional," jelas Deni Masriyaldi.

Sementara itu, Harris Satria, Sekretaris Sumbar Keatif mengatakan, forum ini merupakan wadah bagi insan kreatif Sumatera Barat yang tergabung dalam 16 sub sektor ekonomi kreatif.

"Kita mencoba menyatukan dalam sebuah forum. Dan kita berharap ini menjadi kekuatan dalam pengembangan ekonomi kreatif dan sekaligus menunjang industri kreatif di Sumatera Barat. Sumbar punya potensi sumber daya manusia dan pendidikan. Jika ini disatukan dalam satu tujuan kemajuan Sumatera Barat, tentu ini bukan masalah besar," papar Harris.

Keenam belas sub sektor ekonomi kreatif itu ialah 1. Aplikasi dan Pengembang Permainan 2. Arsitektur 3. Desain Interior 4. Desain Komunikasi Visual 5. Desain Produk 6. Fashion 7. Film, Animasi dan Video 8. Fotografi 9. Kriya 10. Kuliner 11. Musik 12. Penerbitan 13. Periklanan 14. Seni Pertunjukan 15. Seni Rupa, dan 16. Televisi dan Radio.