A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Generasi Piknik Indonesia | Genpiknik.com - Indonesia Travel, Budaya, Kreatif

Menelusuri Sejarah Suku Kehidupan di Mentawai

SUKU Mentawai menjadikan Indonesia terkenal karena kekayaan budaya dan tradisi yang masih dipertahankan dari zaman nenek moyang. Mengenal lebih dalam suku Mentawai ternyata seru juga, apalagi pembuatan tato di sana yang dinilai tradisional dan ekstrim ini membuat banyak turis Asing penasaran untuk melihat proses tato.

Secara tradisional, tato dibuat setelah upacara adat bernama Punen Lepa. Upacara ini diadakan untuk mengusir pengaruh iblis dari darah yang dicucurkan di desa atau Umas (rumah mereka). Sebuah beranda sudah disiapkan di sana untuk membuat darah tertampung dan tidak jatuh ke lantai.

Berdasarkan legenda, tato ini dikenalkan oleh Pagete Sabbau seorang dukun pertama di Mentawai yang mengjarkan segala hal yang mereka tau hingga kini. Tetapi, orang menjadi cemburu karena kemampuan sihirnya sehingga akhirnya membunuhnya.

Teteu atau orang kala itu membunuhnya dengan membiarkan kepalanya di bawah saat digali dan kejadian tersebut menghadirkan gempa bumi yang menghancurkan Uma pertama mereka.

Sehingga untuk membuang bencana, orang Mentawai memulai untuk memberikan pengorbanan manusia untuk menghargai tradisi kakek moyangnya dengan membuat kolam di tengah di bawah Umas baru.

Darah yang dikorbankan kini tidak lagi dari manusia melainkan dari binatang seperti babi dan ayam yang dibiarkan darahnya memenuhi kolam yang sudah dibuat agar terhindar dari gempa bumi.

Hingga kini, Pagete Sabbau tidak bisa disebutkan dalam sebuah pembicaraan kecuali jika dalam pembicaraan yang serius. Teteu juga akan merarayakan dengan tarian indah untuk menghormati jiwanya.