Wisatawan Kunjungi Sumbar Sepanjang 2016 Sebanyak 5,195 Juta Orang

Padang - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan hingga September 2016 wisatawan mengunjungi provinsi Sumatera Barat sebanyak 5,195 juta.

"Pengunjung yang datang ke Sumbar itu masih didominasi dari wisatawan nusantara sebanyak 5,230 juta orang, sedangkan untuk wisatawan mancanegara yakni sebanyak 34.366 orang," katanya di Padang, Selasa.

Ia mengatakan wisatawan yang masuk dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) tersebut datang untuk melancong ke kabupaten dan kota yang ada di Sumbar.

Saat ini, katanya peringkat Sumbar sebagai daerah tujuan wisatawan mancanegara berdasarkan pintu masuk melalui BIM berada pada peringkat 9 dari 19 pintu masuk bandara di Indonesia.

"Kontribusi sektor pariwisata terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumbar tahun 2015 38,21 persen," ujarnya.

Menurut Nasrul Abit jumlah wisatawan yang datang ke Sumbar juga didukung oleh event-event yang diadakan di wilayah itu baik tingkat nasional maupun internasional.

Kemudian ia menambahkan pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas tempat wisata dengan menambah sarana dan prasarana yang mendukung serta mengembangkan potensi wisata yang belum tereksplorasi.

"Tour de Singkarak (TdS) itu akan berdampak sekali untuk kunjungan wisatawan ke Sumbar karena tempat-tempat menarik di sini ditayangkan di media nasional hingga internasional," ujarnya.

Sementara Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel (Asita) Sumbar, Ian Hanafiah menilai kondisi pariwisata Sumbar mengalami kemajuan pesat dari tahun ke tahun.

"Pariwisata Sumbar bisa dikatakan lebih baik, dapat dilihat dari komplain tentang pelayanan wisata tahun ini jauh berkurang dari sebelumnya," katanya.

Tahun ini pemalak yang biasa meresahkan para wisatawan di beberapa objek wisata sudah jauh berkurang, dan kemacetan juga sudah tidak separah tahun-tahun sebelumnya.