92 Atlet Paralayang Berkompetisi Pada TROI V

Painan - Sebanyak 92 atlet berkompetisi di Kejuaraan Nasional Paralayang, Paragliding Trip Open Indonesia (TROI) Seri V pada 4-6 November 2016 yang dipusatkan di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Panitia kegiatan yang juga Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Pesisir Selatan, Iqbal Rama Dipayana di Painan, Jumat, usai pembukaan kejuaraan mengatakan sebelumnya terdapat 114 atlet yang mendaftar karena berbagai faktor hanya 92 atlet yang mengkonfirmasi kehadirannya.

Ia merinci pada kejuaraan yang dibuka oleh Wakil Bupati setempat, Rusma Yul Anwar diikuti oleh atlet yang dari beberapa daerah diantaranya Sumatera Utara satu orang, Sumatera Barat 46 orang, Banten enam orang, Jakarta 10 orang.

Selanjutnya, Jawa Barat 19 orang, Jawa Timur lima orang, Kalimantan Timur satu orang, Sulawesi Utara dua orang dan dari negara Czechoslovakia dua orang.

Ia berharap selama berkompetisi baik atlet maupun dewan juri bertindak adil sehingga hasil dari kompetisi tersebut bisa diterima semua kalangan.

Hal tersebut juga ditegaskan Ketua FASI Sumbar, Mayor. Zulbadri. Menurutnya selain sebagai ajang untuk berkompetisi, kejuaraan ini diharapkan sebagai penghubung tali silaturahmi antar para atlet.

Terpisah, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan, Nasral mengatakan sesuai jadwal kompetisi ini digelar pada Kamis (3/11) kemarin, namun karena ada beberapa hal akhirnya kompetisi dibuka hari ini.

Menurutnya, kejuaraan tersebut merupakan salah satu wisata olah raga yang setiap tahunnya digelar di kabupaten itu.

"Selain berkompetisi atlet juga berwisata dan kami berharap dengan kegiatan ini keindahan alam Pesisir Selatan secara tidak langsung diketahui oleh orang-orang disekitar atlet, minimal keluarga terdekatnya," katanya.

Wakil Bupati setempat, Rusma Yul Anwar selain mengajak atlet untuk berkompetisi secara sehat ia juga mengajak atlet untuk mengeksplorasi keindahan alam Pesisir Selatan.

"Berkompetisi dengan sehat dan selamat datang di Pesisir Selatan negeri sejuta pesona," sebut dia.