Kunjungan Wisatawan Asing ke Sumbar Terus Naik

Padang - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar), mencatat kunjungan wisatawan asing ke daerah itu terus mengalami kenaikan mencapai 4.224 orang pada Agustus 2016 .

"Sebelumnya pada Juli 2016 kunjungan wisatawan mancanegara 4.094 orang, pada Agustus terjadi kenaikan sebesar 3,14 persen," kata Kepala BPS Sumbar, Dody Herlando di Padang, Selasa.

Menurutnya kunjungan wisatawan asing pada Agustus 2016 memberikan kontribusi sebesar 0,43 persen terhadap total wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 982.333 orang.

Kunjungan wisatawan asing pada Agustus 2016 tersebut masih didominasi oleh wisatawan asal Malaysia sebanyak 2.898 orang, Australia 197 orang, dan Tiongkok 100 orang.

Kemudian kunjungan dari negara lainnya Perancis 84 orang, Inggris 28 orang, Amerika Serikat 23 orang, Jerman 22 orang dan dan negara lainnya 800 orang, ujarnya.

Ia memastikan jumlah yang terdata tersebut adalah wisatawan yang masuk melalui imigrasi di Bandara Internasional Minangkabau, jika sebelumnya dari Jakarta atau Medan maka akan di data di bandara kedatangan.

Sebelumnya Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar, Puji Atmoko menilai salah satu upaya yang harus dibangun di daerah ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan adalah membangun masyarakat yang sadar wisata.

Ia mengatakan mengapa Bali dan Yogyakarta menjadi daerah kunjungan wisata tertinggi di Indonesia karena masyarakatnya sudah sadar wisata.

Sementara, Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) Sumbar, Ian Hanafiah menyebutkan saat ini penerbangan langsung ke Padang dari luar negeri hanya ada dari Kuala Lumpur yang dikelola oleh maskapai Air Asia.

Ia menilai perlu ada tambahan maskapai agar tidak terjadi monopoli rute sehingga harga tiket menjadi bersaing dan lebih terjangkau yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah kunjungan.