A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Generasi Piknik Indonesia | Genpiknik.com - Indonesia Travel, Budaya, Kreatif

Solok Selatan Butuh Investor Kembangan Pariwisata

Padang Aro - Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), membutuhkan investor untuk mengembangkan potensi kepariwisataan yang ada di daerah itu, khususnya pembangunan resor.

Ketua Komisi III DPRD Solok Selatan, Solikhin di Padang Aro, Rabu, menyebutkan salah satu objek wisata yang butuh sentuhan investor adalah pembuatan resor di Bangun Rejo, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir.

Di lokasi yang akan dibangun resor tersebut, katanya berada di ketinggian lebih dari 700 meter diatas permukaan laut dengan pemandangan hamparan kebun teh dan Gunung Kerinci.

"Dari lokasi tersebut, kita juga akan melihat indahnya matahari tenggelam jika cuaca cerah," sebut tokoh masyarakat Bangun Rejo ini.

Memang, tambahnya, jalan menuju daerah tersebut saat ini masih dalam bentuk tanah, namun pemerintah setempat menjanjikan pada 2017 akan melakukan pengerasan bahkan mengaspal jalan tersebut.

"Solok Selatan kini tengah bergerak dan serius untuk mengembangan potensi pariwisata. Salah satunya adalah kemudahan akses menuju objek wisata tersebut," ujarnya.

Tak jauh dari lokasi tersebut, sebutnya terdapat air terjun kembar yang kini tengah dikemas agar menjadi objek wisata yang menarik dikunjungi wisatawan. Di air terjun yang airnya bersumber dari kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) ini pengunjung bisa mandi di sungai dengan air yang jernih dan udara yang sejuk.

"Air terjun ini juga masih ditata oleh masyarakat setempat melalui kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang segera dibentuk," lanjutnya.

Selain itu, terangnya dalam upaya mengembangkan objek wisata air terjun tersebut pemerintah setempat bekerjasama dengan Universitas Bung Hatta (UBH) Padang mencoba membuat desain untuk menata objek wisata tersebut.

Di Bangun Rejo, tambahnya sebagian besar warga merupakan peternak sapi. Peternakan sapi, menurutnya juga bisa dijadikan objek wisata dalam kemasan desa wisata.

"Jadi pengunjung tidak saja menginap di resor, tapi bisa menikmati air terjun juga berjalan-jalan ke kampung untuk melihat aktivitas keseharian masyarakat setempat, seperti peternakan sapi atau berkebun," sebutnya.

Danau Bontak, yang kini tengah dikemas oleh Balai Besar TNKS untuk menjadi destinasi wisata alam, juga berada tak jauh dari Bangun Rejo.

"Masih banyak objek wisata yang tak jauh dari Bangun Rejo dan kini tengah dikembangkan," ujarnya.

Dengan potensi ini, tambahnya kehadiran investor untuk turut membangun kepariwisataan Solok Selatan, khususnya Bangun Rejo, sangat ditunggu karena masyarakat setempat tidak akan mampu untuk membangun sendiri.

Ia mengemukakan kendati jarak Solok Selatan dan Padang cukup jauh, sekitar empat hingga lima jam perjalanan, namun dengan potensi wisata dan keramahtamaan penduduk, hal itu tidak akan menjadi halangan wisatawan datang ke daerah itu.

"Kepariwisataan itu ada yang menjual dan membeli, ada transaksi kendati cuma dalam bentuk pelayanan. Salah satu pelayanan itu adalah keramahtamahan penduduk dalam menyambut wisatawan," lanjutnya.