Dinas Parekraf Jadikan Sumbar Pusat Fashion Muslimah Nasional

PADANG -- Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar mengadakan workshop desain fashion Minangkabau 2016 di Hotel Hayam Wuruk, Selasa (27/9/2016). Kadis Parekaraf yang diwakil Kabid Pengembangan Destinasi dan Ekonomi kreatif, Drs Federda E. mengatakan Fashion merupakan kegitan vokasi tidak saja menyalurkan bakat dan hobi saja tetapi juga bisa menciptakan lapangan kerja bagi pelakunya.

"Dunia fashion tidak ada matinya dan selalu berubah-ubah mengikuti trend terkini," ujarnya

Workshop desain minangkabau yang diselenggarakan kali ini merupakan salahsatu upaya dalam meningkatkan kompetensi para pelaku ekonomikreatif di Sumatera Barat melalui berbagai program dan kegaiatan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memicu dan memacu kreativitas khususnya para desainer muda yang bergerak di bidang media, desain dan iptek. Sementara itu, Kabid Pengembangan ekonomi kreatif berbasis media, desain dan Iptek (MDI) Aprimas mengatakan Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya lomba desain fashion festival dengan model boneka,

"Alhamdullilah kegiatan itu mendapatkan antusias dari desainer muda dan mendapatkan apresiasi dari pariwisata DKI bahkan dipesan oleh Garuda," katanya

Perkembangan fashion muslimah telah menunjukan trend positif, Indonesia mengukuhkan diri sebagai pusat fashion muslimah dunia. Hal itulah yang mendorong pemerintah dan para penggerak dunia fashion untuk menjadikan Sumbar sebagai pusat fashion muslimah nasional karena Sumbar juga mengusung destinasi wisata halal dalam konsep pariwisatanya.

Narasumber workshop desainer antaralain Corrie Kastubi desainer Jakarta, Dra. Yuliarma Pakar desain/dosen UNP dan Novia Hertini Ketua KDEI Sumbar/desainer.