Wonderful Indonesia Meriahkan Eid Adha di Qatar

London - Komunitas Diaspora Indonesia bekerjasama dengan KBRI Doha menggelar Promosi Wonderful Indonesia di Qatar upaya menjaring wisatawan di Timur Tengah khususnya dari Qatar dengan berpartisipasi dalam Eid Adha Celebration di Open Theater, Asia Town di kawasan Doha Industrial Area, Doha, Qatar.

Peringatan Eid Adha di Qatar seperti hal nya di negara di kawasan Timur Tengah, jauh melebihi kemeriahan Idul Fitri, demikian Minister Counsellor KBRI Doha, B. Dharmawan kepada Antara London, Rabu.

Apalagi, ujarnya Qatar tengah mempersiapan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 sehingga berbagai rangkaian kegiatan kerap dikaitkan dengan penyelenggaraan kejuaraan akbar empat tahunan tersebut.

Wonderful Indonesia menggelar tarian tradisional dan modern serta grup musik yang difasilitasi Pemerintah Qatar untuk komunitas dari negara Asia yang memiliki banyak komunitas untuk menampilkan kesenian unggulan negaranya. Acara ini dimanfaatkan KBRI untuk memperingati ulang tahun 40 tahun Hubungan RI-Qatar, ujarnya.

Acara diikuti beberapa komunitas dari negara Asia seperti India, Nepal, Pakistan, Bangladesh, Indonesia dan Filipina merupakan pesta budaya internasional yang disaksikan lebih dari 8000 penonton dari berbagai manca negara termasuk masyarakat Qatar.

Dubes RI untuk Qatar Muhammad Basri Sidehabi, mengatakan promosi Wonderful Indonesia di Qatar ini adalah diplomasi budaya sekaligus memperkuat hubungan Indonesia-Qatar memasuki ulang tahun ke-40.

Diharapkannya melalui Wonderful Indonesia, jumlah wisatawan Qatar atau ekspatriat asing lainnya yang mengunjungi Indonesia untuk berlibur semakin meningkat, ujarnya.

Sementara itu Pejabat Humas Kementerian Dalam Negeri Qatar Faisal menyampaikan Pemerintah Qatar mengapresiasi kegiatan promosi budaya Indonesia yang dilakukan KBRI Doha. Diharapkannya kerja sama seperti ini terus berlanjut dan membawa manfaat yang bagi kedua negara.

Dalam acara Wonderful Indonesia ditampilkan sejumlah tarian tradisional seperti Sajojo, Tortor, dan berbagai Tari Kreasi Cinta Indonesia ditampilkan Sanggar Tari Puspa Qinarya, kelompok tari penggiat promosi budaya Indonesia di Qatar dan ditutup dengan penampilan grup musik Indonesia, Band X3.

Pagelaran Ied Adha Celeberation membuat penonton dari manca negara terpesona akan seni budaya Indonesia,ujar Dubes Basri.

Seorang warga Qatar, Abdullah Hussein dengan spontan mengatakan "mumtaz" ketika ditanya kesannya saat menyaksikan pertunjukan pentas seni Wonderful Indonesia ini.

Rangkaian ragam seni tari dan nyanyian Arab oleh seniman diaspora Indonesia mendapat sambutan meriah ribuan penonton yang memadati teater terbuka di Asian Town.

Lagu-lagu tradisional dan dangdut membuat penonton bergoyang menambah semarak Eid Adha Celebration dengan penampilan seni budaya dengan berbagai baju seni tradisional yang gemerlap dan unik.

Pentas seni berhasil menggugah masyarakat manca negara sekaligus ajang pelepas rindu bagi komunitas Indonesia di Qatar. Gemuruh tepuk tangan terus menerus mengisi ruang terbuka pertunjukkan.

Dubes memuji penampilan Diaspora Indonesia yang memberi dampak positif diplomasi budaya Indonesia di Qatar. ¿KBRI berhasil menggerakkan berbagai ormas Indonesia berkontribusi dalam pagelaran wonderful Indonesia,¿ ujar mantan anggota DPR.

Diperkirakan sekitar 43 ribu WNI bermukim di Qatar yang diwadahi dalam 51 ormas dibawah naungan Persatuan masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) yang diketuai Edwin Kurniawan.

Minister Counsellor KBRI Doha, B. Dharmawan mengatakan Diaspora Indonesia memiliki kontribusi dan peran dalam mempromosikan diplomasi budaya di Qatar. KBRI bersama diaspora Indonesia terus menggencarkan promosi di Qatar dengan mengikuti setiap event budaya Internasional guna meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia.