Tour de Minangkabau Promosikan Wisata Sumbar

Padang - Tour de Minangkabau yang akan digelar pada 10-12 September 2016 bertujuan untuk mempromosikan objek wisata yang ada di kawasan Sumatera Barat (Sumbar).
"Kami menggelar TdM ini untuk meningkatkan kunjungan wisata asing maupun lokal ke Sumbar agar bisa menikmati alam yang sejuk dan indah ini," kata Ketua Panitia TdM, Elvis Kasmir di Padang, Kamis.

Ia menjelaskan pada TdM ini wisatawan yang berasal dari dalam dan luar negeri diajak bersepeda santai menjajal rute di Sumbar. Rute pertama pada Sabtu 10 September 2016 dengan start di Bandara Internasonal Minangkabau (BIM) - Puncak Lawang - Air Terjun Lembah Anai - PDKM (Pusat Dokumentasi Minangkabau) - Hotel Flaminggu Padang Panjang.

Rute kedua pada 11 September adalah Padang Panjang - Padang Luar - Sungai Janiah - Koto Gadang - Embun Pagi - Danau Maninjau - Lawang Park. Rute ketiga pada 12 September adalah Lawang Park - Sicincin - Lubuk Alung - Bandara Internasonal Minangkabau (BIM). Ia menjelaskan keindahan alam Sumatera Barat yang akan dinikmati para peserta TdM akan mereka promosikan di tempatnya masing-masing.

Peserta TdM kali ini banyak yang datang dari Singapura, Malaysia dan juga diisi oleh pecinta sepeda dari Sumbar dan peserta untuk perdana ini sebanyak 30 peserta, 20 orang dari Singapura dan Malaysia ditambah beberapa dari komunitas sepeda Sumbar. Ia menyebutkan kegiatan tersebut sebenarnya telah diselenggarakan di Jawa Tengah, yaitu di Borobudur, Bali dan Makassar.