Mari Sukseskan Sumbar Jadi Destinasi Wisata Halal

Padang - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengajak masyarakat daerah itu untuk memberikan suara (vote) pada website https://www.surveymonkey.com/r/pariwisatahalal2016 agar daerah itu menjadi destinasi wisata halal terbaik di Indonesia.

"Sekarang kompetisi yang digelar Kementerian Pariwisata ini sudah memasuki tahap vote online. Ayo berikan suara agar Sumbar dapat menjadi yang terbaik," ajaknya di Padang, Kamis.

Ia menyebutkan salah satu nominasi untuk Sumbar adalah Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Danau Maninjau, Sumatra Barat. Setelah memberikan suara, bagikan link yang disediakan panitia seleksi wisata halal Kemenpar itu pada seluruh kenalan kita, agar semakin banyak yang memberikan suara, sarannya.

Ajakan itu menurut dia, terutama kepada seluruh SKPD, Forkompimda, tokoh masyarakat, anggota DPR asal Sumbar, DPD dan DPRD, kabupaten/kota, serta organisasi kemasyarakatan.

ASN Pemrov Sumbar diimbau untuk melakukan vote, agar Sumatra Barat terpilih, jelasnya. Ia menambahkan, program seleksi wisata halal merupakan program nasional, pasca berhasilnya Lombok lolos sebagai destinasi wisata halal dan bulan madu terbaik internasional yang mampu meningkatkan kunjungan wisatawan muslim mancanegara dan lokal, sehingga menggerakan ekonomi daerah dekat Bali itu.

Pemberian suara (vote) berlangsung dari tanggal 26 Agustus hingga 15 September 2016. Terdapat 12 unsur kepariwisataan Sumbar dalam tujuh kategori dari 15 kategori yang dilombakan.

Pada kategori hotel terdapat lima pilihan dan pada restoran halal terdapat dua pilihan. Gerakan vote online ini hadir dengan tema "Menangkan Minang" dan mengusung semangat Basamo Mangko Manjadisemakin semarak di Sumbar. Hastag #minanghalaltourism dan #minangpride menjadi hastag yang mengiringi semangat kompetisi ini.

Selain gubernur, tim pendukung Minang Halal Tourism juga mengajak masyarakat melakukan vote dan memajangnya di akun sosial masing-masing dan menambahkan caption Ambo Vote, Sanak. Jadi jangan like, namun mesti vote.

Sumbar masuk dalam beberapa nominasi wisata halal ini, yaitu kategori airport ramah wisatawan muslim terbaik untuk Bandara Internasional Minangkabau, hotel keluarga ramah wisatawan muslim terbaik Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Hotel Hang Tuah, Padang, Rocky Plaza Hotel Padang, dan Sofyan Inn Rangkayo Basa, Padang.

Kemudian, biro perjalanan wisata halal terbaik diwakili Ero Tour, Sumbar, destinasi bulan madu ramah wisatawan muslim terbaik diwakili Danau Maninjau, destinasi wisata halal terbaik, destinasi kuliner halal terbaik.

Lalu, kategori restoran halal terbaik (pilih salah satu) Rumah Makan Taman Sari, Bukittinggi, dan Rumah Makan Lamun Ombak, Bukittinggi.