Nidji meriahkan Pembukaan tour de singkarak

Sumbar - Panitia Tour de Singkarak memastikan acara pembukaan dimeriahkan band pelantun lagu Laskar Pelangi, Nidji. Sebelumnya sempat beredar kabar, band Noah yang dimotori Ariel akan hadir.

“Jadinya band Nidji,” sebut Raseno Arya, Asdep Kemenpar melalui pesan singkat.

Kehadiran Nidji dirasakan cocok untuk pembukaan Tour de Singkarak. Grup musik yang beranggotakan enam orang asal Jakarta yang terdiri dari Giring Ganesha, Andi Ariel Harsya dan Ramadhista Akbar, Randy Danistha, Andro Regantoro, serta Adri Prakars. Nidji sangat terkenal dengan lagu yang membangkitkan rasa kebangsaan dengan lagu Laskar Pelangi

Opening ceremony TdS 2016 akan dilakukan Menteri Pariwisata Arief Yahya di Dermaga Danau Singkarak, Kabupaten Solok, Selasa (5/7) malam. Paginya langsung grand start di daerah yang sama.

TdS dalam perjalanannya telah mengalami banyak kemajuan.

Tahun 2013, ASO atau Amauri Sport Organisation (Official organizer Tour de France) merekomendasi TdS sebagai major race dari kalender dunia balap sepeda Asia, dengan jumlah penonton lebih dari 1 juta.

TdS menduduki peringkat dunia ke-5 balap sepeda internasional dengan jumlah penonton terbanyak, setelah Tour de France, Giro A Italia, Vuelta A Espana, dan Santos Tour Down Under.

Menpar Arief Yahya menyebutkan TdS merupakan olahraga balap sepeda terbaik di Indonesia dan menjadi inspirasi bagi daerah lain menyelenggarakan Tour de Banyuwangi-Ijen, Tour de Bintan dan Tour de Flores (TdF). Iven TdS pun masuk kalender balap sepeda tahunan dunia Union Cycliste Internationale (UCI) atau UCI Road Calendar.
(vie)