Bukittinggi Benahi Objek Wisata Sambut Lebaran 2016

Bukittinggi - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, membenahi objek wisata di daerah itu jelang libur Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Kepala Disbudpar Bukittinggi Melfi Abra di Bukittinggi, Selasa, mengatakan pembenahan objek wisata, seperti Jam Gadang dan Taman Panorama, dilakukan tidak hanya untuk menyambut libur Lebaran, namun sebagai perawatan berkala objek wisata tersebut.

"Yang paling penting, para pengunjung merasa nyaman dan puas sehingga kembali berkunjung ke Bukittinggi," katanya.
 Ia menyebutkan, saat ini ikon wisata daerah tersebut, Jam Gadang, telah selesai dicat ulang dan dilakukan perbaikan di beberapa bagian seperti atap dan objek wisata lainnya, Taman Panorama, tengah dalam pengecatan ulang pada bagian pagar agar tetap menarik.

Sejak 10 Juni 2016, pemerintah setempat juga telah menyediakan akses internet gratis di kawasan Jam Gadang dan menambah fasilitas pencahayaan.
Pada hari libur, pengunjung bebas menggunakan akses internet selama 24 jam sementara di hari biasa dapat digunakan mulai pukul 16.30 sampai 8.00 WIB.

"Dan juga pada Saat ini juga sedang direncanakan kegiatan untuk malam takbiran yang dipusatkan di pelataran Jam Gadang. Direncanakan akan ada nasyid dan mengundang anak-anak dari panti asuhan sehingga warga dapat turut serta berbagi bersama mereka," tambahnya.

Di samping pembenahan objek wisata, pihaknya juga melakukan persiapan lain di bidang pendukung pariwisata melalui koordinasi dengan pihak yang terkait lainnya seperti dalam penanganan parkir dan pengaturan lalu lintas.

Salah seorang warga, Ruli mengharapkan, pembenahan tersebut dapat menjadikan Bukittinggi tetap sebagai pilihan wisata masyarakat Sumbar hingga luar daerah.
"Semoga persiapan yang telah dilakukan jauh hari, dapat memberikan kepuasan bagi pengunjung nanti, lalu lintas lancar dan tidak ada parkir di sembarang tempat," ujarnya.