Malam Final Pemilihan Uda Uni Kota Padang, Sang Juara Diharapkan Mampu Dorong Pariwisata

PADANG - Dalam pemilihan Uda dan Uni Kota Padang pada tahun ini diharapkan mampu menjadi duta wisata bagi Kota Padang. Tidak hanya dituntut cerdas, inovatif dan kreatif, tetapi juga memiliki komitmen untuk menbantu mendorong pengembangan pariwisata Kota Padang.

Hal ini dikatakan Sari Lenggogeni, pemerhati pariwisata yang juga salah satu juri pada pemilihan Uda Uni Kota Padang 2016.

"Pesatnya pengembangan Pariwisata di Kota Padang, tentu harus diiringi dengan munculnya generasi muda millenial. Duta wisata sebagai idea centres, tidak hanya cerdas, inovatif dan kreatif, dan yang paling penting, memiliki komitmen untuk membantu mendorong pengembangan pariwisata di Kota Padang," harapnya, saat ditemui kemarin.

Namun Untuk mencapai itu semua, Sari Lenggogeni telah mengusulkan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang agar mengusung penilaian program inovatif pariwisata apa yang bisa dilakukan Uda dan Uni Kota Padang selama masa tugas satu tahun setelah terpilih. Termasuk secara kolektif (seluruh finalis Uda Uni) dengan minimal dua program bagi tiap duta wisata tersebut.

"Hal ini dilakukan seiring dengan program kelembagaan, yaitu penguatan fungsi dari duta wisata bukan hanya sebagai kegiatan seremonial, tapi sebagai 'frontliner agent of change' terutama untuk pasar wisatawan generasi mereka. Apakah nanti mereka mampu membuat program yang implementatif, inovatif dan bersinergi dengan Dinas Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Padang? Tentu itu sangat kita harapkan," tukas Sari.

Dikatakan Sari, selain itu Uda dan Uni Kota Padang juga dituntut mampu berfungsi mengedukasi wisatawan yang datang. Sadar wisata, mampu menguasai program komunikasi pemasaran berbasis digital, serta lainnya.

"Untuk itu prinsip dasar pariwisata harus mereka kuasai, seperti mengenal siapa pasar wisata Kota Padang, fungsi sektor pariwisata dilihat dari sudut pandang makro (lapangan kerja, PAD, ekspor), cara berfikir yang kritis dan menganalisa permasalahan, serta mampu memberikan solusi yang tepat, inovatif dan mampu serta komit untuk berkontribusi pada pengembangan pariwisata Kota Padang. Dan ini adalah salah satu kriteria utama yang saya nilai pada penjurian nanti," ungkap Sari sedikit membocorkan.

Seperti diketahui, grand final pemilihan Duta Wisata Uda Uni Kota Padang 2016 digelar di Hotel Bumi Minang pada Jumat (13/5/2016) malam. Lima juri, termasuk Sari Lenggogeni akan menilai para grand finalis.

Sementara itu, Direktur Event Organizer grand final Uda Uni Kota Padang 2016, Joni Mardianto dari PT. Amanbrov Tri International, mengatakan proses pemilihan dan seleksi Uda Uni Kota Padang 2016 telah dimulai sejak 1 hingga 3 Mei lalu. Ajang tahunan ini diikuti 99 orang peserta.

"Dari 99 orang peserta itu tersaring menjadi 30 peserta dengan rincian 15 Uda dan 15 Uni," ungkap Joni.