Taman Wisata Danau Maninjau Miliki Pusat Oleh-oleh Serba Ikan

AGAM - Sekarang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Sumatera Barat (Sumbar), memiliki gedung baru tempat pusat oleh-oleh olahan serba ikan yang terletak di Taman Wisata Danau Maninjau Muko-muko, Kecamatan Tanjung Raya.

Dalam mulainya pemakaian bangunan, ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Ketua Forikan Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri bersama Ketua Forikan Provinsi Sumbar Ny. Yosmeri.

Dan juga Turut mendampingi Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Agam Mulyadi dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Agam Ermanto, Selasa (12/4), Kepala DKP Agam Ermanto, mengatakan bangunan ini menelan biaya sebesar Rp200 juta yang bersumber dari APBD Kabupaten Agam melalui DAK pada 2015.

"Namun Bangunan ini sudah selesai sejak pertengahan 2015. Namun, diresmikannya sekarang guna mensinkronkannya ke dalam acara lomba masak serba ikan," jelasnya.
Ermanto menambahkan, dan tujuan ini dibuat bangunan tempat pusatnya oleh-oleh serba ikan adalah guna salah satu ajang pemerintah untuk mempromosikan produk-produk kreatif masyarakat dalam bentuk makanan dan cemilan rasa ikan.

"Adanya gedung pusat oleh-oleh ini, maka semua produk-produk makanan rasa ikan kita bisa terkumpul sehingga pengunjung lebih mudah mencarinya dan tidak perlu lagi pergi kejauh-jauh ke lokasi pembuatannya," jelas Ermanto.

Salah satu alasannya yang mendukung, menurut Ermanto, adalah karena Agam merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi produksi ikan terbesar di Provinsi Sumbar, sehingganya tidak sedikit masyarakat yang pandai dalam mengolah ikan menjadi suatu makanan yang kreatif dan inovatif.

"Tidak sedikit juga hasil olahan makanan serba ikan masyarakat ataupun kelompok yang telah di impor ke luar negeri seperti, Malaysia, Singapura dan negara lainnya melalui pesanan online," terangnya