Limapuluh Kota Canangkan Tujuh Destinasi Wisata Unggulan

Sarilamak -Untuk memperkenalkan wisata Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menrencanakan tujuh destinasi wisata unggulan dan lokasi tersebut akan diprioritaskan pembenahannya dalam lima tahun mendatang.

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi di Sarilamak, Senin mengatakan, dari tujuh destinasi yang diutamakan tersebut ada wisata alam, budaya, sejarah, sain dan agro.
"Lokasi tersebut akan diutamakan dan diusahakan masuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Limapuluh Kota 2016-2021," kata dia.

Dan juga Ia menyebutkan, untuk wisata alam ada dua destinasi, yakni Lembah Harau dan pemandian Batang Tabik. Sementara wisata sain yakni Kelok Sembilan, dimana flay over tersebut arsitektur terbaik se-Asia Tenggara.

Kalau wisata sejarah, ada Monumen Bela Negara di Koto Tinggi, lokasi tersebut dibangun untuk mengingatkan generasi muda dan pelajar agar tidak melupakan sejarah Bangsa Indonesia.

Selanjutnya, menhir di Maek Kecamatan Bukit Barisan, dimana menhir tersebut bukti peninggaran sejak ribuan tahun yang lalu.
Sementara, untuk wisata agro ada Balai Pembibitan Ternak Unggil Hijau Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas dan Taman Teknologi Pertanian di Kecamatan Guguk.

Irfendi mengajak semua pihak untuk menjadikan Limapuluh Kota sebagai daerah tujuan wisata, bukan hanya untuk wisatawan asing, tapi juga domestik dan lokal.
Menurut dia, jika semua potensi wisata yang ada di daerah itu dapat dikelola dengan baik maka akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan perekonomian masyarakat di sekitar lokasi wisata juga akan bangkit.

Ia menambahkan, pihaknya akan membuat iven-iven setiap tahun sebagai upaya untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke daerah itu.
Sebelumnya, Ketua DPD RI Irman Gusman mendorong semua kepala daerah baru di Sumbar untuk lebih memfokuskan terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah mereka masing-masing.

Menurut dia, sektor pariwisata perlu dikemas ke depannya, apalagi Kabupaten Limapuluh Kota memiliki banyak destinasi yang dapat mengundang wisatawan untuk berkunjung.
Selain itu, juga memiliki berbagai macam kuliner daerah yang dapat memanjakan selera para pengunjung, sehingga mereka sering datang untuk berlibur.

Ia menerangkan sektor pertanian dan perkebunan lahan yang terbatas dan juga lahan konservasi (pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan, pengawetan dan pelestarian.