Ferdinal dan Ayu Dinobatkan jadi Uda dan Uni Kota Padang Panjang 2016

PADANG PANJANG - Sabtu (2/4/2016) Malam Grand Final Pemilihan Uda Uni Kota Padang Panjang tahun 2016 yang berlangsung di gedung Hoerijah Institut Seni Indonesia Padang Panjang, dinobatkan kepada Ferdinal Yusuf dan Ayu Gusnidal. Ferdinal dan Ayu berhasil masuk lima besar dan meraih peringkat satu dari 12 pasang finalis yang masuk Grand Final pada malam itu.

Fedinal Yusuf yang merupakan Sarjana S 1 Pendidikan Olah Raga UNP dan pernah bersekolah di SMAN 2 Padang Panjang mengatakan bahwa dirinya tak menyangka akan terpilih menjadi Uda Padang Panjang.” Saya sangat terkejut dan tak mengira dengan apa yang saya dapat pada malam ini, dibalik semua itu, saya meyakini bahwa doa, kerja keras dan optimis megantarkan saya meraih semua ini, saya ingin belajar lagi dan menggali lagi tentang potensi pariwisata yang ada di kota Padang Panjang, agar kota kita ini bisa dikenal tak hanya di tingkat Nasional tapi juga Internasional," kata ferdinal saat ditemui usai acara.

Ayu Gusnidal yang sekarang sedang mengambil studi dalam bidang Perbankan Syariah di IAIN Batu Sangkar, mengungkapkan agar apa yang diraih saat ini menjadi batu loncatan untuk mewakili Padang Panjang di ajang pemilihan tingkat Sumatera Barat.”Alhamdulillah terima kasih buat pendukung Ayu, Ayu berharap bisa mempormosikan Padang Panjang karena Ayu sekarang adalah Duta Wisata disini, Ayu nantinya juga ingin ikut mewakili Padang Panjang di tingkat Sumbar,” ungkapnya.

Sementara itu Walikota Padang Panjang Hendri Arnis mengatakan bahwa Uda Uni Duta Wisata Kota Padang Panjang harus mampu menjadi pelopor wisata – wisata yang ada di kota Padang Panjang Untuk itu dibutuhkan sosok Uda Uni yang memiliki kecerdasan serta behaviour yang mencerminkan sikap prilaku atau akhlak yang sesuai dengan adat Minang kabau.

“Uda Uni terpilih adalah sosok yang akan mempromosikan geliat wisata Kota Padang Panjang sebagi Kota Serambi Mekah dengan mengusung konsep Halal Tourism. Uda Uni terpilih juga memikul tanggung jawab yang terhadap kemajuan Padang Panjang, kemudian diharapkan Uda Uni mampu mempromosikan Padang Panjang dan mampu menjaga citra Kota Padang Panjang sebagai Kota Serambi Makah,” ungkapnya.

Para peserta Uda Uni telah menjalani tiga fase audisi pada 19 maret yang lalu. Dari 78 peserta audisi telah terpilih 12 pasang finalis Uda dan Uni Duta Wisata Kota Padang Panjang. Kemudian pada Selasa 29 maret yang lalu tahapan pemilihan Uda dan Uni memasuki masa karantina. Fase karantina ini merupakan fase dimana para peserta akan diketahui kemampuan dan keunggulannya masing masing. Lalu setelah itu memasuki grand final pada sabtu (2/4) yang lalu.

Ikut hadir dalam acara tersebut unsur Muspida Kota Padang Panjang, Ketua dan Anggota DPRD Kota Padang Panjang, Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang, Ketua TP. PKK Kota Padang Panjang, berserta undangan lainnya.