Titik Kulminasi Bonjol Pukul 12.26 Wib Dengan Suhu Udara 36 Derajat Celcius

Lubuk Sikaping - Dalam acara titik kulminasi, Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menyatakan peringatan titik kulminasi di Kecamatan Bonjol berjalan dengan lancar.

Posisi matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa sehingga menghilangkan semua bayangan benda yang ada di garis yang dilalui matahari, kata Kepala Bidang Disporabudpar Pasaman, Herlinda di Bonjol, Senin.

Ia mengatakan, titik kulminasi terlihat sekitar pukul 12.26 WIB, dengan suhu udara mencapai 36 derajat celcius, dimana bayangan manusia tidak terlihat tepatnya pada pukul 12.26 WIB.

"Namun pada Tahun ini titik kulminasi sukses,tidak seperti tahun lalu titik kulminasi tidak terlihat karena cuaca mendung" kata Herlinda.

Ia menambahkan, selain itu pengunjung yang datang ke objek wisata Equator juga ramai dari berbagai daerah di Sumbar termasuk sejumlah pejabat Kabupaten Minahasa.

Dan juga Menurut Linda,diperkirakan titik kulminasi terjadi dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Maret dan September. Namun Pemkab Pasaman hanya satu kali memperingatinya, mengingat soal anggaran yang terbatas.

Dalam peringatan titik kulminasi kali ini, Pemkab Pasaman menggelar acara lima hari berturut-turut, mulai dari 19-24 Maret 2016.

Pemkab Pasaman juga menggelar hiburan, mulai dari festival band Sumbar, Riau, Sumut, senam bersama, lomba burung berkicau, pemutaran film, hingga festival dangdut.

Sehubungan dengan kegiatan titik kulminasi tersebut, rencana pemerintah daerah setempat dengan pemerintah Kabupaten Minahasa, untuk penandatangan kerja sama terkait dengan pembangunan pemugaran lokasi makam pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol di Minahasa gagal terlaksana.

"Bupati Minahasa tidak sempat hadir dalam acara peringatan titik kulminasi makanya hari ini batal Penandatangan kerja sama" kata Herlinda.

Menurut Herlinda, Bupati Minahasa diwakili oleh Asisten Pemerintahan Pemkab Minahasa, Kepala Dinas Pariwisata, Deni Lontoh.

Selain itu Kepala Dinas Keuangan, Kepaala Dinas Pendapatan, Kepala Kantor Perijinan, Direktur RSUD, Kabag Pemerintahan, Kabag Kemasyarakatan Setda Minahasa.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Pemkab Minahasa, Deni Lontoh, mengatakan Bupati Minahasa tidak bisa hadir ke Pasaman, Sumatera Barat karena ada kegiatan.

"Kita mengundang Bapak Bupati Pasaman ke Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara untuk kerja sama pemugaran makam Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol" kata Deni.