Disbudpar Solok Buka Pendaftaran Uda-Uni Duta Wisata

Arosuka - Dalam pemilihan uda uni pariwisata ,dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Solok, Sumatera Barat, membuka pendaftaran peserta untuk pemilihan Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok dari 14 Maret - 1 April 2016.

"Bagi pemuda-pemudi yang berminat mengikuti kegiatan tersebut silahkan mengambil formulir pendaftaran ke kantor Disbudpar di Arosuka," kata KepalaDisbudparsetempat, M Alfajri didampingi Kepala Bidang Kebudayaan A. H Andriani di Arosuka, Kamis.

Ia menyebutkan persyaratan untuk keikutsertaan pemilihan Uda Uni tahun 2016 sudah lengkap diuraikan di blangko pendaftaran peserta, seperti ketentuan umum, ketentuan khusus, syarat-syarat pendaftaran, waktu dan tempat pendaftaran.

Dalam Pelaksanaan pemilihan nantinya terdiri dari lima tahapan.Pertama technical meeting pada 2 April 2016 di aula rapat kantor Disbudpar di Arosuka.

Namun seleksi awal 4 April di kantor Disbudpar di Arosuka, pembekalan (karantina) pada Selasa - Kamis 5 - 7 April di Convention Hall Alahan Panjang, gladi resik Jumat 8 April dan Grand Final 8 April juga di objek wisata Convention Hall Alahan Panjang.

Untuk syarat umum bagi peserta kata Alfajri, di antaranya warga negara Indonesia, berusia 17 sampai dengan 24 tahun, berpenampilan menarik, tinggi minimal untuk Uda 165 centi meter, dan untuk Uni 160 centi meter, khusus Uni memakai jilbab.

Pendidikan terakhir SMA/sederajat atau sedang/sudah tamat kuliah.Berasal dari wilayah Kabupaten Solok yang dibuktikan dengan foto kopi KTP/kartu pelajar/kartu mahasiswa atau surat domisili dari wali nagari tempat tinggal masing-masing.

Lainnya belum menikah dan bersedia tidak menikah selama masa kontrak satu tuhan, mengisi formulir yang disediakan panitia dari Disbudpar, katanya.
Sedangkan untuk ketentuan khusus yakni berkepribadian, berwawasan dan komunikatif serta terampil berbahasa Minang, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Selain itu calon peserta pemilihan Uda Uni juga harus memiliki keterampilan penunjang kepemimpinan intelektual dan organisasi, seperti aktif di organisasi, bidang ilmu pengetahuan, teknologi atau olah raga dan keterampilan yang dibutuhkan lainnya