Pemberdayaan Masyarakat Terus Digiatkan Guna Kembangkan Dunia Pariwisata di Pesisir Selatan

PAINAN - Dengan kegitan studi banding dilakukan diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada masyarakat sehingga kedepannya bisa berperan langsung. Pengembangan kawasan Mandeh menjadi Destinasi andalan pariwisata selain kelengkapan sarana dan prasarana  proses pemberdayaan masyarakat juga mesti dilakukan secara berkelanjutan dengan tujuan masyarakat memiliki kesiapan dalam menghadapi kemajuan pariwisata.  

Namun harus ditunjang dengan masyarakat yang sudah menyadari seberapa besar potensi wisata yang ada di daerahnya," kata Penggiat Pariwisata Sumbar Zulhizul di Painan, Minggu (13/3/2016) dalam acara Pemberdayan kepada warga di bidang kuliner, homestay, selam dan kapal/boat. Kegiatan dibagi dua tahap yaitu Minggu(13/3) pemberian pembinaan yang dilaksanakan di Pulau Setan Mandeh dan selanjutnya studi banding ke Pariaman pada (14/3) guna melihat langsung dan berbagi pengetahuan bersama dengan pelaku wisata di Pariaman.

Kegiatan kita ini nantinya dalam bentuk workshop perbidang. Setelah itu kita akan dibuatkan sertfikasi bagi pra pelaku wisata dengan harapan para pelaku wisata di kawasan Mandeh adalah pelaku wisata yang profesional.

Ditambahkannya, kegiatan ini diharapkan mampu merubah pola pikir msyarakat kearah yang lebih baik terutama dalam bidang kepariwisataan . Sebab di sebuah kawasan wisata tidak saja keindahan yang akan dinikmati wisatawan namun juga akses yang lancar,akrasi yang ditawarkan serta kenyamanan dan rasa aman yang ditawarkan dari potensi tersebut," ujarnya

Menurutnya sejauh mana keindahan alam itu memberi dampak ekonomi bagi masyarakat di sekitar tempat tersebut,sejauh mana perubahan yang telah ditimbulkan dari upaya Komersialisasi keindahan alam tersebut, baik terhadap ekologi, maupun terhadap sosial dan budaya masyarakat setempat .Serta sejauh mana Masyarakat menyiapkan diri dalam menyambut pengunjung yang akan datang. Dan sejauh mana masyarakat mampu menyediakan sarana Pendukung wisata yang berdampak terhadap peningkatan Ekonomi masyarakat di sekitar kawasan .

"Alam yang elok tersebut belumlah dapat maksimal memberikan Multifly effect secara ekonomi terhadap masyarakat Sekitar khususnya Kecamatan Tarusan Selama ini masyarakat cenderung sebagai penonton dan tidak terlibat langsung dalam aspek ekonomi pariwisata, dan adanya kecendrungan penurunan kesejahteraan Masyarakat," ujarnya

Perlu adanya perubahan pola pikir masyarakat ,oleh sebab itu pemerintahdaerah harus lebih proaktif untuk melakukan pemberdayaan kepada masyarakat guna meningkatkan SDM mereka,jika ingin Kawasan Mandeh ingin menjadi destinasi wisata andalan.

"Dengan harapan pemberdayaan yang dilaksanakan ini mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat terutapa pelaku wisata dalam bidang kuliner,atrasi wisata dan masyarakat bisa memahami dan mengetahui bagaimana kedepannya berbuat untuk pengembangan kawasan Mandeh," ujarnya