Menpar Apresiasi Gubernur Promosikan Pariwisata Gerhana Matahari 9 Maret Mendatang

Jakarta - Dalam memajukan pariwisata diindonesia Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi para gubernur yang telah mempromosikan pariwisata gerhana matahari pada 9 Maret mendatang.

"Kalau tidak dioptimalkan, di 12 provinsi yang dilintasi gerhana, sayang sekali. Kesempatan langka yang hanya hadir setiap 350 tahun sekali," kata Arief Yahya sebagaimana disampaikan melalui surat elektronik yang diterima di Jakarta.

Menteri Pariwisata yang juga penulis buku "Great Spirit, Grand Strategy" itu mengatakan ada semangat "Indonesia Incorporated" pada peristiwa menyambut gerhana matahari total yang akan melintas di 12 provinsi yakni Sumbar, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Babel, Kalbar, Kalsel, Kalteng, Kaltim, Sulbar, Sulteng, dan Maluku Utara.

"Kreativitas pengelola tur dan agen perjalanan juga bagus. Mereka membuat banyak paket wisata gerhana matahari total," katanya.

Salah satu contohnya pengelola hotel di Balikpapan, Kalimantan Timur, yang berusaha mencatatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan mengusung serba 119 sekaligus menyambut HUT ke-119 Kota Balikpapan.

Khairul Anam, Asisten General Manager Hotel Blue Sky, Balikpapan, misalnya, selain menggelar nonton bareng gerhana matahari total, juga memilih tema serba 119 untuk memeriahkan HUT ke-19 Kota Balikpapan dan mempromosikan "Wonderful Indonesia" dengan menyediakan 2.119 roti mantau segar untuk dimakan secara gratis.

Bahan utama pembuatan mantau juga berjumlah 119. Tepung yang disediakan berbobotnya 119 kilogram, minyak untuk mengorengnya pun 119 liter. "Kami mengundang warga Balikpapan ramai-ramai datang saat saat acara nanti berbarengan dengan nonton bersama gerhana," katanya.