Pemkot Padang Panjang Mengajak Masyarakat Sadar Wisata

Padang Panjang - Supaya wisatawan senang berkunjung ke daerah Wisata kota padang panjang, Pemerintah  mengharapkan masyarakat setempat sadar wisata.
Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Padang Panjang Sri Syahwitri di Padang Panjang, Rabu,mengatakan adanya kepedulian dan kesadaran masyarakat dalam melayani pengunjung atau wisatawan, baik itu domestik maupun manca negara akan berdampak terhadap tingkat kunjungan.

"Wisataan akan selalu mengunjungi Padang Panjang salah satu daya tariknya adalah masyarakat yang tidak memperlakukan pengunjung dengan semena-mena," ujarnya.

Dengan adanya sadar wisata tersebut nantinya juga akan berdampak terhadap pendapatan masyarakat yang bisa menangkap peluang dari wisatwan.

"Kalau masyarakat dan stakholder bisa melayani pengunjung dengan baik, maka dengan sendirinya pengunjung itu akan berbelanja di Padang Panjang ini," sebutnya.

Ia menyebutkan, masyarakat sadar wisata yang dimaksud itu tidak hanya ramah, melainkan banyak hal faktor pendukungnya. Pariwisata akan bisa menjadi andalan tambah dia, jika didukung oleh masyarakat adar wisata.

"Sadar wisata yang dimaksud itu yakni menjual barang kepada wisatawan dengan tidak terlalu tinggi, biaya parkir yang tidak terlalu mahal, ramah tamah terhadap wisatawan dan banyak lagi lainnya," katanya.

Disisi lain, Pemkot Padang Panjang pada tahun ini menargetkan tingkat kunjungan wisatawan ke daerah itu 500 ribu sampai sejuta orang per tahun. Target tersebut sesuai dengan potensi wisata yang dimiliki daerah itu.

Ia menyebutkan, target tersebut sedikit meningkat dari realisasi kunjungan tahun sebelumnya yang mencapai 400 ribu orang lebih dari sejumlah objek wisata yang ada di Padang Panjang.

Melihat kondisi itu menurut dia, sudah sewajarnya target kunjungan wisatawan itu mencapai satu juta orang pada 2016 ini.