Sumbar akan Ikuti Bursa Pariwisata Tingkat Internasional

Padang - Dalam langkah awal Sumbar akan mengikuti bursa pariwisata tingkat internasional  di Malaysia dan negara ASEAN lain bertujuan mengenalkan berbagai potensi wisata dan budaya yang ada," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar, Burhasman di Padang, Rabu.

Dan juga ia menyebutkan dalam bursa pariwisata di Malaysia mendatang pihaknya akan menyajikan beragam objek wisata yang ada di seluruh daerah Sumbar, Mulai dari pantai, peninggalan sejarah, objek budaya, danau, pemandangan perbukitan hingga kegiatan pariwisata rutin semisal Tour de Singkarak atau Dragon Boat.

Dalam bersaing dengan banyak provinsi dan negara, Sumbar akan memprioritaskan wisata andalan yang berbeda dari tempat lainnya, dalam tujuan ikut pasar atau bursa pariwisata ini untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumbar," katanya.

Namun dalam hal ini perlu dilakukan mengingat pada 2015 lalu jumlah wisatawan mancanegara yang datang amat sedikit hanya mencapai 50,3 ribu orang melalui pintu imigrasi.

Ia berngharapkan dengan mengikuti bursa pariwisata internasional ini dapat kembali menarik wisatawan mancanegara yang tahun lalu enggan ke Sumbar juga dampak dari akibat bencana kabut asap.

Bila sukses di Malaysia, pihaknya akan ikut bursa internasional di Eropa terutama Belanda, dalam pemilihan lokasi bursa ini disesuaikan dengan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumbar dalam beberapa tahun terakhir.

Kami berharap dua negara ini akan menjadi batu loncatan bagi Sumbar untuk ikut memasarkan pariwisata di negara lain.

Sementara itu salah satu warga di kota Padang, Masnaini (42) berharap selain meningkatkan jumlah wisatawan asing, Sumbar juga perlu memperbaiki pelayanan dan fasilitas bagi wisatawan lokal atau domestik.