Hunian Hotel Berbintang di Bukittinggi Meningkat 100% Jelang Imlek

Bukittinggi - Sumatera Barat, menjelang perayaan tahun baru Imlek yang jatuh pada 8 Februari 2016, tingkat hunian hotel berbintang bukit tinggi meningkat mencapai 100 persen.

"Sementara itu hotel di pinggiran kota diperkirakan dalam waktu dekat juga akan meningkat," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bukittinggi, Syafroni Falian di Bukittinggi, Rabu.

Dan ia menyebutkan kebanyakan pemesan kamar hotel tersebut merupakan masyarakat lokal yang berasal dari luar Sumbar.

"Yang berasal dari Provinsi Riau karena perayaan Implek bertepatan dengan 'long weekend', jadi banyak yang memanfaatkan untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga," lanjutnya.

Pada hari biasa, hunian hotel turun malah banyak yang memberikan diskon agar kamar-kamar mereka terisi. Namun pada saat liburan diskon tidak diberikan sehingga seringkali masyarakat beranggapan adanya kenaikan tarif.

Untuk itu ia mengimbau pihak hotel agar tidak memanfaatkan momentum libur Imlek ini untuk menaikkan tarif, apalagi terlalu tinggi untuk pengunjung.

Di sisi lain persiapan jelang perayaan Imlek di Kota Bukittinggi masih sepi. Salah seorang warga Tionghoa yang juga Ketua RW 02 Kelurahan Benteng Pasar Atas, Antonius Wanandi Leo mengatakan, perayaan Imlek di kota ini biasanya dilaksanakan dengan cara sederhana saja, tanpa banyak hiasan khas Imlek.

"Di kelurahan ini memang tempat yang paling banyak warga Tionghoanya, namun kami merayakan dengan sederhana saja, karena untuk menghargai budaya penduduk di sini," ujarnya. dan juga dalam perayaan akan dilaksanakan selama dua minggu yakni dari 8 hingga 22 Februari 2016 yang diisi dengan berkumpul dengan keluarga, saling memberi selamat dan bermaafan. tutupnya.