A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Generasi Piknik Indonesia | Genpiknik.com - Indonesia Travel, Budaya, Kreatif

Keunikan Indonesia

Sudah jadi rahasia umum kalau Indonesia ini adalah salah satu negara paling menyenangkan untuk dikunjungi di dunia. Alasannya jelas karena kita punya banyak hal yang bisa ditawarkan. Mulai dari kultur, situs-situs sejarah, dan juga tempat-tempat menarik. Nah, dari semua hal yang jadi magnet para turis untuk datang, tempat memegang peranan yang penting banget.

Berbicara soal tempat unik dan menarik, Indonesia memang kaya banget akan hal tersebut. Dari ujung ke ujung, begitu banyak spot-spot menarik yang benar-benar memanjakan mata dan menyajikan pengalaman baru. Dan uniknya, begitu banyak tempat di Indonesia yang jadi semacam ciri khas dan identitas karena nggak bisa ditemui selain di sini.


Kita harus bangga nih karena Indonesia memiliki begitu banyak tempat unik yang juga jadi satu-satunya di dunia. Lalu, tempat-tempat apa saja sih yang hanya dimiliki oleh Indonesia itu? Simak ulasan lengkapnya berikut.

1. Monas, Si Landmark Kebanggaan Indonesia
Monas [Image Source]
Monas [Image Source]
Jika Amerika punya Patung Liberty dan Malaysia memiliki Petronas, maka Indonesia nggak kalah dengan mempunyai Monas. Meskipun sering dianggap sebagai tempat wisata mainstream, tapi bangunan satu ini adalah khasnya Indonesia alias nggak kita temukan di negara lain kecuali di sini. Mengunjungi Monas sebenarnya adalah hal yang selalu menyenangkan. Pasalnya, ketika menikmati Monas kita nggak hanya bakal dapat satu sajian menyenangkan, tapi banyak sekali.

2. Gereja Ayam yang Hanya Satu-satunya di Dunia
Gereja Ayam [Image Source]
Gereja Ayam [Image Source]
Ketika kebanyakan gereja berdesain mirip satu sama lain, Gereja Ayam tampil sangat beda dengan mengusung bentuk seperti namanya. Ya, dilihat dari mana pun gereja ini memang mirip banget dengan seekor ayam, terutama di bagian kepalanya. Dulu tempat ini begitu tidak dikenal, namun gara-gara sebuah film Gereja Ayam jadi destinasi wisata populer. Bangunan ini juga hanya satu-satunya di dunia.
3. Pulau Giliyang dan Kadar Oksigen Tertinggi di Dunia
Pulau Giliyang [Image Source]
Pulau Giliyang [Image Source]
Indonesia memiliki begitu banyak pulau yang masing-masing memiliki keunikannya sendiri. Salah satunya adalah Pulau Giliyang di mana kamu akan merasa begitu segar di sini. Penyebabnya tak lain karena vegetasi dan alamnya yang membuat pulau ini seolah dihujani dengan oksigen. Pulau Giliyang sendiri dipastikan sebagai salah satu tempat di Bumi dengan kadar oksigen tertinggi. Hanya ada di Indonesia nih!
4. Keunikan Taman Nasional Gunung Leuser
Harimau Gunung Leuser [Image Source]
Harimau Gunung Leuser [Image Source]
Sekilas tempat satu ini seolah tidak menawarkan hal unik dan khas, tapi kalau didalami lagi ternyata tidak seperti itu. Ya, Taman Nasional Gunung Leuser ini benar-benar unik, terutama lantaran hewan-hewan endemiknya yang luar biasa. Setidaknya ada empat hewan eksotis dan langka yang mendiami tempat ini. Ada gajah, badak, harimau, dan juga orangutan. Di dunia, hanya ada satu lho tempat seperti ini.
5. Sarang Naga Satu-Satunya di Dunia
Komodo [Image Source]
Komodo [Image Source]
Di dunia ini benar-benar nggak ada tempat yang bisa menyamai apa yang dimiliki oleh Pulau Komodo. Alasannya tak lain karena pulau ini selain memiliki view alam yang luar biasa, juga menyimpan naga-naga buas zaman prasejarah. Ya, inilah mereka para Komodo. Pulau ini adalah satu-satunya di dunia dan nggak ada versi KW-nya. Cuma ada di Indonesia saja.
6. Sumba yang Tak Termakan Waktu
Situs Megalitik di Sumba [Image Source]
Situs Megalitik di Sumba [Image Source]
Sumba tak hanya dikenal dengan alamnya yang luar biasa, tapi juga kebudayaannya. Ya, ini adalah tentang budaya megalitik mereka yang masih lestari sampai hari ini. Megalitik tercipta sebelum masa prasejarah dan orang-orang sana berhasil mempertahankan itu sampai detik ini. Jelas tempat yang seperti ini hanya satu-satunya di dunia.
7. Lawang Sewu yang Hanya Ada di Indonesia
Lawang Sewu [Image Source]
Lawang Sewu [Image Source]
Terlepas dari mitos serta cerita-cerita misteri yang ada, tempat ini kalau dilihat dari desain dan fisiknya memang sungguh luar biasa. Lawang Sewu, seperti namanya bangunan ini memiliki begitu banyak pintu. Nggak seribu juga sih, tapi yang jelas memang sangat banyak. Bangunan ini sudah ada sejak zaman Belanda dulu dan masih eksis sampai hari ini. Lawang Sewu juga hanya bisa kita jumpai di Indonesia saja.
8. Ujung Kulon dengan Badak Jawanya
Badak Ujung Kulon [Image Source]
Badak Ujung Kulon [Image Source]
Berada di ujung barat pulau Jawa, Ujung Kulon menawarkan banyak hal yang luar biasa. Mulai dari alamnya yang nggak karuan indahnya, sampai begitu banyak satwa dan flora unik yang tersebar di sana. Salah satunya adalah Badak Jawa di mana ia merupakan satu-satunya spesies terakhir dari jenisnya dan hanya ada di Indonesia saja.
9. Pantai Tiga Warna yang Sangat Memukau
Pantai Tiga Warna [Image Source]
Pantai Tiga Warna [Image Source]
Memang banyak banget pantai yang unik dan indah, tapi rasa-rasanya hanya satu saja yang punya ciri khas seperti Pantai Tiga Warna. Sama seperti namanya, pantai yang ada di Malang ini memang luar biasa unik dengan memiliki tiga aksen warna di bibir pantainya. Nggak hanya menawarkan nuansa warna, tempat ini juga jelas punya view yang menawan. Yang begini cuma satu-satunya di Indonesia.
10. Tangkoko Batuangus dan Tarsiusnya yang Lucu
Tarsius Tangkoko Batuangus [Image Source]
Tarsius Tangkoko Batuangus [Image Source]
Di Sulawesi Utara ada sebuah tempat menarik yang mungkin tak bisa kita dapatkan di belahan dunia mana pun. Ya, ini adalah Cagar Alam Tangkoko Batuangus. Memang fakta kalau tempat ini luar biasa Indah dengan segala macam vegetasinya. Nggak hanya itu, Tangkoko Batuangus juga jadi rumah dari spesies primata paling imut di dunia, Tarsius. Hewan satu ini mungkin nggak hanya ada di Indonesia, tapi untuk jenis Tarsius yang ada di Tangkoko, memang hanya ada di sini.
Baca juga :10 Hal Gila Yang Hanya ada di Dubai

Soal tempat-tempat unik Indonesia memang juara banget. Kita ternyata punya begitu banyak spot-spot menarik luar biasa yang jadi satu-satunya di dunia karena nggak ditemukan di tempat lain. Ah, makin bangga deh dengan negara ini.